Sudah Bisa di Indonesia, Ini Cara Pakai Fitur Archived Chat WhatsApp

TEKNOMUDA.COM – Akhirnya pengguna WhatsApp di Indonesia kedatangan fitur yang sangat dinantikan, yaitu Archived Chat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pesan yang diterima selamanya, bagi yang berasal dari kontak personal maupun grup.

Fitur Archived Chat ini pada dasarnya akan memasukkan tab chat yang individu maupun grup ke dalam arsip. Hal tersebut membuat pesan yang diarsipkan itu tidak mengeluarkan notifikasi, jadi pengguna tidak akan tahu bahwa ada chat baru yang masuk.

Di sisi lain, orang yang mengirimkan pesan masih akan menerima tanda centang ganda yang berarti pesan yang ia kirimkan berhasil diterima. Kamu bisa mengabaikan pesan tersebut, tanpa harus memblokir kontak pengirim.

Kalau kamu blokir kontak, pesan yang dikirimkan akan diberi tanda centang satu, sehingga dapat dicirikan. Apabila sang pengirim pesan tahu kontaknya kamu blokir dan membuat hubungan menjadi tidak nyaman.

Untuk menggunakan fitur Archived WhatsApp yang sudah tersedia di perangkat Android dan iOS ini, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

TRENDING:  Fitur Baru WhatsApp Sedang Disiapkan: Ubah Foto Jadi Stiker

Cara Pakai Fitur Archived Chat WhatsApp yang Sudah Bisa di Indonesia

Dengan fitur Archived Chat, pengguna WhatsApp bisa sembunyikan pesan dari seseorang yang tidak disuka selamanya, tanpa memblokir kontak mereka. Begini caranya.

1. Buka aplikasi WhatsApp

Pastikan kamu sudah meng-update aplikasi WhatsApp versi terbaru. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone, baik perangkat Android maupun iOS.

2. Pilih pesan yang ingin diarsip

Pilihlah pesan dari tab chat yang ingin kamu arsipkan. Kamu bisa pilih pesan dari kontak atau grup yang menurutmu tidak penting atau spam. Jika sudah tekan dan tahan pesan itu, hingga muncul menu baru di atas layar.

3. Masukan pesan ke arsip

Kamu bisa ketuk menu “More” atau ikon titik tiga, dan pilih “Archived Chat”. Jika sudah pesan akan menghilang di tab chat, lalu akan muncul folder baru di atas bernama “Archived”. Semua pesan yang diarsipkan akan masuk ke dalam folder itu.

4. Kembalikan pesan dari folder arsip

Jika kamu ingin mengembalikan pesan ke keadaan semula atau kembali ke tab chat, bisa tekan dan tahan pesan tersebut. Lalu klik ikon kotak putih di atas layar. Maka, pesan akan menghilang di folder Archived dan pindah di tab chat biasa.

TRENDING:  Cek Sekarang, 53 Tipe HP Diblokir WhatsApp Per 1 November 2021