Laptop Anda Ketumpahan Air, Jangan Panik Dulu, Lakukan Cara Berikut ini

TEKNOMUDA.COM – Jika Anda baru saja menumpahkan cairan di laptop terbaik Anda, waktu sangat penting. Anda pasti harus segera mematikan komputer dan mencabutnya. Jika Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, segera lepaskan. Tekan tombol daya ini hingga perangkat Anda mati. Lakukan sekarang! Setiap detik sangat penting dalam hal ini.

Nah, apakah Anda kembali bersama kami? Berikut adalah panduan yang lebih rinci tentang cara menangani keadaan darurat ini.

Dalam keadaan darurat laptop basah

Langkah 1: Lepaskan semua komponen yang dapat dilepas dengan mudah. Cabut mouse dan semua kabel, dan lepaskan semua flash drive dan DVD. Biarkan laptop telanjang.

Langkah 2: Keringkan bagian luar perangkat Anda. Buka laptop Anda sejauh mungkin, pegang dengan posisi terbalik agar cairan yang terkumpul mengalir, dan gunakan handuk penyerap atau kain penyerap bebas serat untuk menyeka permukaan yang basah hingga kering. Jangan mencoba mengeringkan komputer Anda menggunakan udara panas paksa dari senapan panas atau pengering rambut.

Langkah 3: Pada titik ini, kami menyarankan Anda memanfaatkan garansi jika masih berlaku atau membawa perangkat Anda ke bengkel. Jika merek Anda memiliki bengkel khusus (seperti Apple), hubungi mereka atau bawa. Jika tidak, cari toko reparasi lokal yang mengkhususkan diri pada merek laptop Anda.

Jenis tumpahan cairan: Air adalah yang paling sedikit asam, sedangkan cairan manis dan beralkohol lebih konduktif dan lebih korosif, dan dapat dengan cepat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen internal. Either way, tujuannya adalah untuk mengurangi efeknya sebanyak mungkin dengan mengeringkan komputer Anda segera. Jika Anda tidak ingin seorang profesional melihatnya untuk Anda, ada lebih banyak langkah yang dapat Anda ambil untuk mencoba mengeringkan perangkat Anda. Namun, harap perhatikan bahwa baik Digital Trends maupun penulisnya tidak bertanggung jawab atas kerusakan apa pun pada komputer Anda karena membongkarnya.

TRENDING:  Asus Rilis Laptop Chromebook Rp 5 Jutaan, Cocok untuk Belajar Online

Lepaskan Semua Bagian

Meskipun membuka dan melepas komponen dari laptop sebelumnya sangatlah mudah, hal ini tidak terjadi pada laptop modern. Kami tidak menyarankan untuk mencoba membongkar apa pun kecuali Anda memiliki model laptop lama yang pada dasarnya tidak direkatkan. Namun, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba jika laptop Anda mengizinkannya.

Langkah 1: Jika Anda belum melakukannya, dan laptop Anda mengizinkannya, lepaskan baterai. Baterai biasanya dilepas dengan menekan sakelar atau tombol di bagian bawah komputer Anda.

Langkah 2: Jika Anda khawatir tentang cairan yang bocor ke seluruh sistem — ke dalam komponen seperti memori dan drive penyimpanan — Anda juga dapat menghapusnya. Pada beberapa laptop, Anda akan menemukan panel yang memungkinkannya dilepas dari bagian bawah. Namun, dalam kebanyakan kasus, Anda harus menggunakan obeng Phillips atau Torx untuk melepasnya. Untuk memori, tekan klem samping untuk mengeluarkan setiap tongkat. Dengan SSD atau HDD, Anda mungkin perlu melonggarkan lebih banyak sekrup untuk melepaskannya dari bingkai. Pastikan untuk melepaskannya dengan hati-hati dari port daya dan data atau kabel.

Langkah 3: Periksa setiap komponen yang Anda lepaskan apakah ada tanda-tanda basah atau aus. Bagian yang basah harus dikeringkan, tetapi jika cairannya selain air, bersihkan dengan sikat gigi bersih yang dicelupkan ke dalam alkohol isopropil 99% – ini akan melarutkan zat lengket tanpa menyebabkan kerusakan pada cairan dan menguapkannya tanpa meninggalkan residu lengket. .Langkah 4: Setelah semuanya bersih dan diperiksa, dan Anda yakin telah menghilangkan tanda-tanda keausan, biarkan semuanya mengering di udara selama dua hingga tiga hari di tempat yang hangat dan kering. Kipas angin akan mempercepat proses pengeringan. Jangan gunakan pengering rambut, karena ini dapat menyebabkan masalah terus-menerus. Setelah perangkat Anda terputus dan diberi waktu komponen untuk mengering, Anda dapat mengikuti instruksi secara terbalik untuk memasang kembali laptop dan melihat apakah itu berfungsi.

TRENDING:  8 Cara Memperbaiki Eror Sayangnya Gmail Telah Menghentikan di Android

Semoga semuanya baik-baik saja, tetapi jika tidak, bawa ke pusat perbaikan.

Jika laptop Anda tidak dapat dibongkar

Bagaimana jika Anda memiliki Surface Book 3, MacBook, atau laptop lain yang tidak dapat dibongkar atau bahkan dilepas baterainya? Situasi ini sangat mengurangi pilihan Anda, jadi Anda harus membawanya ke pusat perbaikan sesegera mungkin.

Antara waktu Anda menumpahkan cairan di keyboard laptop Anda dan saat Anda membawanya ke toko, inilah yang dapat Anda lakukan: Pegang perangkat Anda terbalik dan gunakan handuk untuk mengeringkan basah yang terlihat. Selanjutnya, letakkan di permukaan yang kering, dan beri laptop Anda ventilasi sebanyak mungkin—mungkin tidak banyak membantu, tetapi lebih baik daripada tidak sama sekali sambil menunggu janji untuk memperbaiki kerusakan akibat air.

Beberapa orang menyarankan untuk memasukkan laptop Anda ke dalam sekantong besar beras, tetapi tip populer ini memiliki beberapa masalah inti. Pertama, zat higroskopis seperti beras hampir tidak berguna ketika berhadapan dengan cairan yang mengandung gula, alkohol, atau zat lain selain air. Kedua, beras tidak menyerap kelembapan yang terperangkap jauh di dalam laptop secara efisien, di situlah masalah terjadi. Ketiga, beras bisa membawa kotoran yang bisa masuk ke dalam laptop Anda dan menimbulkan lebih banyak masalah.

TRENDING:  3 Cara Agar Mobile Banking Kamu Aman Tidak di Hack

Terkadang tidak mungkin untuk pergi ke bengkel; Keadaan darurat sepertinya tidak pernah terjadi pada saat yang tepat. Jika ini masalahnya, Anda harus membiarkan laptop yang rusak terkena air untuk berventilasi dan mengeringkan udara setidaknya selama 24 hingga 48 jam sebelum mencoba menyalakannya kembali. Jika Anda mencoba menyalakan komputer Anda sebelum komputer siap, Anda meminta masalah. Ini dapat menyebabkan kekurangan besar dalam sistem Anda dan benar-benar menghancurkan laptop Anda.

Opsi kedap air

Untuk melindungi laptop Anda dari kemungkinan tumpahan cairan di masa mendatang, kami sarankan untuk membeli penutup keyboard (seperti yang ini dari KeyCover) untuk perangkat Anda. Atau selangkah lebih maju dan dapatkan penutup lengkap untuk bagian atas dan bawah laptop Anda. Lapisan perlindungan lainnya adalah membawa perangkat Anda ke dalam tas laptop yang keren. Selalu pastikan bahwa penutup Anda tidak menghalangi lubang ventilasi di laptop Anda. Jika ini terjadi, gunakan gunting untuk memotong kulit penutup agar ruang ventilasi tetap terbuka.

Untuk orang yang bekerja di ruang kerja di mana laptop sering tumpah dan lembab, pertimbangkan laptop yang tahan lama. Tumpahan bisa jadi sulit untuk dihindari sepenuhnya, dan perangkat ini dilengkapi dengan keyboard yang terkunci dan fitur tambahan untuk mencegahnya. Lihat laptop Dell Latitude Rugged Extreme sebagai contoh.