Inilah Daftar Wilayah yang Sudah Ada Sinyal 5G di Indonesia

TEKNOMUDA.COM – Jaringan 5G mulai alami perkembangan di Indonesia. Ada tiga operator telekomunikasi yang resmi mengelar jaringan 5G, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata.

Tiga operator seluler yang sudah menggelar jaringan 5G, saat ini masih terbatas dalam hal jangkauan sinyal. Hal ini dikarenakan mereka secara bertahap memperluas sebaran sinyal 5G dengan spektrum frekuensi yang terbatas jumlahnya.

Jika ditotal dari ketiga operator, sudah puluhan wilayah yang tersebar di Indonesia mendapatkan sinyal 5G. Fokus utama saat ini, baru menggelar sinyal 5G di kota-kota besar saja yang memiliki infrastruktur telekomunikasi yang memadai.

Berikut adalah wilayah yang telah diselimuti sinyal 5G dari masing-masing operator.

Telkomsel

Telkomsel menjadi operator pertama yang menggelar 5G di Indonesia. Secara keseluruhan wilayah jangkauannya pun tercatat kini yang terluas dibanding dua operator lainnya.

Telkomsel menggelar 5G pada pita frekuensi 2,3 Ghz dengan lebar 30 Mhz, jadi akan digelar 2300-2330 Mhz. Kemudian, perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah HP dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1800 MHz untuk control plane.

TRENDING:  Most Mandiri Aplikasi Trading Saham Dari Mandiri Sekuritas

Jadi HP yang bisa menerima jaringan tersebut harus memiliki spesifikasi modem 5G yang mendukung band n40 (2300 MHz). Berikut wilayah yang sudah mendapatkan sinyal 5G dari Telkomsel berdasarkan situs resminya.

Indosat Ooredoo

Indosat menjadi operator kedua yang mengelar 5G di Indonesia. Berbeda dengan Telkomsel, Indosat menggunakan pita frekuensi 1.800 Mhz atau 1,8 Ghz yang memiliki keunggulan latensi yang lebih rendah dibanding frekuensi yang dipakai oleh operator lain untuk 5G.

Lebar pita 20 Mhz dalam rentang 1837,5 sampai 1857,5 Mhz dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kecepatan internet saat ini. Jadi HP yang bisa menerima jaringan 5G Indosat harus memiliki spesifikasi modem 5G yang mendukung band n3 (1800 MHz).

Secara keseluruhan HP 5G yang mendukung band n3 lebih banyak, jika dibandingkan dengan band n40 yang dipakai Telkomsel. Berikut wilayah yang sudah mendapatkan sinyal 5G dari Indosat Ooredoo berdasarkan situs resminya.

XL Axiata

Terakhir operator yang menggelar 5G adalah XL Axiata. Operator ini menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.

TRENDING:  Mau Ganti Handphone, Inilah Handphone 5G Terbaik 2021

Teknologi DSS memungkinkan operator untuk memanfaatkan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G. XL Axiata memakai frekuensi band 1800Mhz dan 2100Mhz untuk sinyal 5G-nya.

Inovasi teknologi DSS untuk 5G juga memungkinkan koneksi dengan kapasitas yang jauh lebih besar. Berdasarkan uji coba tahun lalu, kecepatan jaringan 5G XL Axiata mencapai 170-200 Mbps dengan latensi 10-11 milisecond.

Berikut wilayah yang sudah mendapatkan sinyal 5G dari XL Axiata berdasarkan situs resminya.