Ini Penyebab WhatsApp, Instagram, Facebook Down Bersamaan Lama Sekali

TEKNOMUDA.COM – Layanan WhatsApp, Instagram, hingga Facebook, mengalami down yang lama sekali pada Senin malam (4 Oktober) hingga Selasa dini hari (5 Oktober). Penyebabnya diduga adalah kesalahan pada DNS atau Domain Name System.

Gangguan ini berlangsung sejak Senin malam pukul 22.31 WIB. Gangguan masih terjadi hingga Selasa dini hari pukul 01.10 WIB.

Situs pemantau performa layanan internet, DownDetector, mencatat bahwa masalah ini tersebar luas di berbagai negara. Meskipun tidak jelas apa masalah yang sebenarnya, namun para ahli teknologi meyakini masalahnya ada pada DNS.

Wakil presiden senior Cloudflare, Dane Knecht, mencatat bahwa ada kesalahan pada rute protokol gateway yang menuju ke Facebook sehingga tidak dapat merespons aktivitas layanan. Cloudflare sendiri adalah penyedia layanan keamanan internet hingga pengantaran konten.

DNS diibaratkan sebagai buku alamat atau buku telepon dalam dunia internet. Ia mengarahkan browser web ke sistem komputer yang melayani situs web yang mereka cari.

Selama WhatsApp, Instagram, hingga Facebook tumbang, banyak masyarakat yang beralih ke media sosial Twitter. Aplikasi pesan lain yang menjadi alternatif adalah Telegram hingga Signal.

TRENDING:  Cek Sekarang, 53 Tipe HP Diblokir WhatsApp Per 1 November 2021

Ketiga layanan populer Facebook sering sekali mengalami gangguan bersamaan sejak Facebook berupaya mengintegrasikan sistem pesan pada layanan Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Gangguan kali ini adalah yang terlama karena sudah terjadi dua jam lebih dan saat ini masih terganggu.

Facebook menyampaikan permintaann maafnya di Twitter dan sedang berusaha untuk memperbaiki semuanya.