Gak Nyaman Sama Layar Laptopmu Yang Kotor, Ini Cara Membersihkanya

TEKNOMUDA.COM – Layar laptop menjadi kotor – ini hanya fakta kehidupan. Baik itu layar sentuh 2-in-1 atau layar tradisional laptop clamshell, selalu ada banyak titik kabur dan sidik jari mengotori pandangan Anda. Ini adalah gangguan yang mengganggu.

Anda juga tidak bisa menghapus semuanya begitu saja. Beberapa kotoran membutuhkan kain mikrofiber, sementara yang lain membutuhkan pembersihan yang lebih ketat. Pada artikel ini, kami mencantumkan alat favorit kami untuk setiap jenis penghapusan yuck dan mengajari Anda cara membersihkan layar laptop Anda tanpa merusaknya.

Untuk debu: kain microfiber

Orang yang memakai kacamata atau memiliki kamera tahu gadget kecil ini dengan baik. Bagaimanapun, ini adalah cara terbaik untuk membersihkan lensa atau kacamata kamera Anda.

Dirancang untuk menghilangkan debu dan kotoran tanpa menghasilkan serat atau menggores permukaan halus, kain mikrofiber adalah tempat terbaik untuk memulai saat membersihkan layar laptop Anda.

Peringatan: Jangan pernah menggunakan handuk kertas atau serbet. Ini mungkin terlihat lembut saat meniup hidung Anda, tetapi sangat keras pada layar yang mudah tergores.

Langkah 1: Matikan laptop Anda. Tidak hanya lebih aman, tetapi memiliki layar kosong dapat membantu Anda melihat debu.

Langkah 2: Dengan menekan layar dengan lembut, gunakan kain mikrofiber untuk menyeka ke satu arah. Jangan menggosok atau menyeka dalam lingkaran, ini dapat merusak layar atau memindahkan partikel debu di sekitar ل

TRENDING:  Cara Mudah Kirim Foto Dan video Di Google Drive Lewat Aplikasi Dan PC

Langkah 3: Terus bersihkan layar hingga bebas debu.

Bagaimana kalau menggunakan kemoceng? Ini juga merupakan cara yang aman untuk menghilangkan debu jika catnya terlalu terang. Hindari produk yang terlihat seperti bulu, yang hanya mendorong debu ke awan. Sebagai gantinya, cari perangkat yang mengumpulkan debu, seperti kemoceng yang dibuat Swiffer. Jika Anda menggunakan kemoceng Swiffer, ingatlah untuk mematikan laptop Anda sebelum menggunakannya.

Tidak ada cara khusus untuk menghilangkan debu, meskipun Anda mungkin ingin bergerak dalam pola X dari atas ke bawah.

Untuk kotoran dan kuman: spons basah

Terkadang Anda berakhir dengan lebih dari sekadar membersihkan layar alih-alih menggosoknya dengan kain mikrofiber tetapi tidak berhasil — dan mungkin menodai kain dalam prosesnya — Anda dapat menggunakan spons basah sebagai gantinya.

apa yang kamu butuhkan:

Spons cuci piring baru.

Air suling, deionisasi atau disaring.

Peringatan: Hindari sepenuhnya air keran standar. Logam yang tidak terlihat dapat menggores layar Anda.

Langkah 1: Matikan laptop Anda dan cabut dari sumber listriknya. Jika memungkinkan, lepaskan baterai.

Catatan: Jika Anda khawatir tentang kemungkinan jatuhnya keyboard, letakkan sesuatu yang ringan di atas tombol agar cairan tidak menyerap.

Langkah 2: Basahi spons dengan air dan peras untuk menghilangkan tetesan.

TRENDING:  Asus Rilis Laptop Chromebook Rp 5 Jutaan, Cocok untuk Belajar Online

Langkah 3: Gunakan spons untuk menyeka area layar yang terkena dengan lembut. Perhatikan tetesan dan segera bersihkan.

Langkah 4: Setelah area bersih, tunggu hingga layar benar-benar kering sebelum menutup penutup atau menggunakan perangkat Anda.

Untuk minyak dan perekat: larutan pembersih

Jika metode kain dan spons gagal membersihkan layar laptop Anda, saatnya untuk membersihkan layar dengan aman. Namun, Anda tidak dapat menggunakan bahan apa pun. Bahan kimia tertentu menggores permukaan bahkan jika Anda menggunakan kain mikrofiber.

Hindari zat-zat ini dengan cara apa pun:

  • aseton
  • amonia
  • asam etil
  • etil alkohol
  • metil alkohol
  • metil klorida
  • pembersih permukaan
  • toluena
  • pembersih jendela
  • Zat korosif lainnya

Anda masih dapat membeli pembersih pihak ketiga, tetapi tidak boleh mengandung bahan kimia di atas sama sekali. Atau, Anda dapat membuat pembersih menggunakan yang berikut ini:

50% air suling dan 50% cuka putih

50% air suling dan 50% isopropil alkohol

100% air suling dan setetes deterjen piring

Langkah 1: Matikan laptop Anda dan cabut dari pengisi dayanya. Jika memungkinkan, lepaskan juga baterai untuk mencegah masalah listrik.

Catatan: Jika Anda khawatir tentang kemungkinan jatuhnya keyboard, letakkan sesuatu di tombol. Bahan yang tidak menyerap cairan adalah pilihan terbaik Anda.

Langkah 2: Tuang atau semprotkan cairan pembersih pilihan Anda ke kain mikrofiber. Pastikan kain tidak basah, cukup lembab saja. Jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar Anda. Meskipun menguap dengan cepat, meletakkan cairan di layar Anda adalah cara yang pasti untuk merusaknya.

TRENDING:  Mengenal Laptop Chromebook Yang Diborong Kemendikbud Untuk Pelajar

Langkah 3: Gosok dengan lembut area yang terkena. Gosok dalam lingkaran kecil untuk menghindari goresan. Jangan menekan terlalu keras. Jika tidak, itu dapat menggantikan partikel kristal cair dan secara permanen mendistorsi layar.

Langkah 4: Ulangi proses ini sampai layar benar-benar bebas dari kelembapan. Periksa juga keyboard dan perangkat apa pun yang terpasang, seperti mouse atau apa pun yang terhubung ke port USB, untuk memastikan tidak ada genangan cairan di dalamnya.

Langkah 5: Sebagai tindakan pencegahan ekstra, biarkan layar mengering selama setengah jam. Setelah kering, Anda bisa menutupnya dan menyalakannya.

Kami menempatkan laptop kami banyak setiap hari. Jika Anda makan dan minum saat bekerja, kemungkinan besar Anda akan meninggalkan sedikit makanan di layar, keyboard, dan di celah lainnya. Kami berhutang pada komputer kami untuk menjaganya tetap bersih. Mengikuti semua langkah dalam panduan ini akan membantu membuat laptop Anda terasa kurang nyaman.