Cair! Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Sudah Turun

Cair! Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Sudah Turun – Pada hari ini, Senin (11/10/2021), bantuan kuota internet gratis dari Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan dicairkan. Bantuan tersebut akan diberikan kepada siswa, mahasiswa, serta guru dan dosen yang terdampak pandemi Covid-19. Sesuai jadwal, bantuan kuota internet akan dicairkan antara tanggal 11-15 setiap bulan, hingga November 2021.

TRENDING: Ini Tips Investasi Emas Untuk Investor Pemula

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Kapusdatin) Kemendikbud Ristek Hasan Chabibie mengatakan, pencairan bantuan kuota internet bulan Oktober sesuai jadwal. “Masih sesuai jadwal,” kata Hasan seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (10/10/2021). Bantuan diberikan bertahap selama 5 hari. Sehingga jika penerima belum mendapatkan pada Senin, masih ada waktu 4 hari untuk menunggu.

Besaran kuota internet gratis Kemendikbud Berikut rincian besaran kuota internet yang diberikan: Siswa PAUD: 7 GB per bulan Siswa SD, SMP, dan SMA: 10 GB per bulan Pendidik PAUD dan SD-SMA: 12 GB per bulan Mahasiswa dan Dosen: 15 GB per bulan Setiap nomor ponsel penerima bantuan dapat menerima paling banyak 3 bantuan paket kuota data internet dengan ID penerima bantuan yang berbeda. Bantuan kuota internet yang diberikan merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang dilarang Kominfo.

TRENDING:  Antibodi Vaksin Sinovac Turun Setelah 6 Bulan, Ini Faktanya

TRENDING: Catat, Keuntungan Dan Jenis Investasi Jangka Pendek

Kuota Kemendikbud Ristek yang diberikan pemerintah untuk akses internet sebagai menunjang proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi sudah cair. Mereka yang mendapatkan bantuan ini dapat mengecek lewat HP masing-masing.
Adapun mereka yang menerima bantuan kuota internet meliputi siswa, mahasiswa, guru dan dosen. Kuota Kemendikbud dikirimkan langsung ke nomor yang telah terdaftar sebelumnya.

Pengirimannya sendiri dilakukan tanggal 11-15 setiap bulan hingga November 2021. Artinya jika kamu belum menerima pada Senin kemarin (11/10/2021) masih ada empat hari lagi menunggu. Karena itu baiknya rajin mengecek di HP, caranya bisa disimak di bawah ini.

Cara Cek Kuota Kemendikbud

Setiap penerima bantuan akan mendapatkan notifikasi SMS bilamana sudah mendapatkan kuota Kemendikbud. Namun kamu dimungkinkan untuk mengecek sendiri menggunakan HP apakah bantuan kuota dari pemerintah sudah masuk atau belum, caranya sebagai berikut:

1. Telkomsel

Tekan *888# > pilih “Cek Pulsa & Kuota” > pilih “Cek Kuota”. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS.
Aplikasi myTelkomsel: beranda > internet

TRENDING:  Hari Ini Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Bisa Dilintasi, Berapa Tarifnya?

2. Indosat Ooredoo

Tekan *123*075# > Status & Cek Kuota. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS.
Aplikasi myIM3 > beranda > data

3. Tri

Tekan *123*10*3#, lalu informasi kuota akan dikirim via SMS.SMS: ketik “INFO KUOTA” kirim ke 234
Aplikasi Bima+, informasi akan muncul di beranda

4. Smartfren

Tekan *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS.SMS dengan format “Cek”, kirim ke 995

5. XL Axiata & Axis

Tekan *123*7*1# > “Cek Kuota” Informasi akan dikirim via SMS
Dapat pula mengecek pakai aplikasi myXL (XL) dan AxisNet (Axis)

Kuota dapat dipakai untuk mengakses berbagai situs dan aplikasi, di mana memang tidak diblokir oleh Kominfo. Adapun beberapa media sosial yang diblokir, seperti Facebook, Instagram, Pinterest, SnackVideo dan Snapchat.

Perlu menjadi catatan juga, sayangnya kuota gratis ini, tidak memberikan akses bagi pelajar dengan hobi bermain game. Karena sejumlah permainan berbasis online telah diblokir, mulai dari Garena Free Fire, Garena AOV, FIFA Mobile Football, Clash of Clans, Mobile Legends, PUBG, Roblox.

TRENDING:  Bye TV Analog, Mengenal TV Digital Dan Cara Mendapatkanya GRATIS

Tidak hanya itu saja, beberapa aplikasi video pun turut ditutup aksesnya di antaranya TikTok, Viu dan Netflix.

Besaran Kuota Kemendikbud yang Diterima
Besaran bantuan kuota data internet yang diberikan Kemendikbud berbeda di masing-masing penerima, yakni:

Peserta Didik jenjang PAUD sebesar 7 GB/bulan
Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 10 GB/bulan
Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidik Dasar dan Menengah sebesar 12 GB/bulan
Dosen dan Mahasiswa sebesar 15 GB/bulan

TRENDING: Bingung Beli Saham Online? Ini Caranya Membeli Saham Online

Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengingatkan mereka tidak lupa mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) pada portal http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id untuk PAUD, pendidikan dasar dan menengah, atau http://kuotadikti.kemdikbud.go.id untuk jenjang pendidikan tinggi. “Bantuan kuota data internet akan disalurkan pada tanggal 11-15 September, 11-15 Oktober, dan 11-15 November 2021, dan berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima,” tandasnya.