Sumber : https://stackoverflow.com/questions/30990027/back-button-redirect-script

Sumber Hukum Apa yang digunakan untuk menjerat pelaku kejahatan?

Dari beberapa sumber hukum yang ada di Indonesia, manakah yang menurut kalian paling cocok untuk menjerat pelaku tindak kejahatan? Mengapa demikian?

Jawabannya adalah undang-undang khususnya Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Hal ini karenan undang-undang merupakan sumber hukum utama, sifatnya umum dan komprehensif. Selain itu, undang-undang bersifat universal, diciptakan untuk menghadapi peristiwa-peristiwa yang akan dating yang belum jelas bentuk kongkritnya. Mekanisme dan sanksi tindak kejahatan juga sudah termuat dalam undang-undang sehingg paling cocok untuk menjerat pelaku tindak kejahatan.

Yuk simak pembahasannya!

Sumber hukum adalah segala sesuatu yang menimbulkan aturan- aturan yang mengikat dan memaksa, sehingga apa bila aturan itu dilanggar akan menimbulkan sanksi yang tegas dan nyata bagi pelanggarnya. Macam- macam sumber hukum di Indonesia di antaranya, Undang-undang , Kebiasaan, Traktat, Yurisprudensi, dan Doktrin.

Sumber hukum yang paling cocok untuk menjerat pelaku tindak kejahatan adalah undang-undang khususnya Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Hal ini karenan undang-undang merupakan sumber hukum utama, sifatnya umum dan komprehensif. Selain itu, undang-undang bersifat universal, diciptakan untuk menghadapi peristiwa-peristiwa yang akan dating yang belum jelas bentuk kongkritnya. Mekanisme dan sanksi tindak kejahatan juga sudah termuat dalam undang-undang sehingg paling cocok untuk menjerat pelaku tindak kejahatan.

TRENDING:  Untuk semua bilangan bulat tidak-negatif n, buktikan dengan induksi matematik bahwa 20 + 21 + 22 + … + 2n = 2n+1 – 1