Cara Menghindari FOMO dan FUD di Pasar Crypto

Cara Menghindari FOMO dan FUD di Pasar Crypto

Pasar Bitcoin dan cryptocurrency telah melalui banyak siklus pertumbuhan dan penurunan, sejak industri aset digital mulai booming pada tahun 2009.

Hingga saat ini, pasar crypto telah menciptakan tren berkelanjutan yang lebih besar yang dikenal sebagai pasar bull and bear.

Meskipun benar bahwa setiap penurunan di pasar sejauh ini telah diikuti oleh pemulihan dan pertumbuhan yang signifikan, periode penurunan dapat membuat stres dan sulit dinavigasi bagi trader berpengalaman maupun investor pemula.

Nah, menghadapi pasang surut pasar crypto, ada beberapa strategi utama yang bisa diambil. Strategi ini penting untuk menjaga nilai dalam portofolio, menghindari perdagangan emosional, dan kurang tidur, seperti dikutip dari Coinbase.

Mengikuti berita dan tren terbaru tentang cryptocurrency sangat penting, tetapi menyerap terlalu banyak informasi juga tidak baik. Ini terutama terjadi pada saat pasar crypto sedang turun, di mana semuanya terlalu mengandalkan insting dan perdagangan pada waktu yang salah.

FOMO (takut ketinggalan) dan FUD (takut, tidak pasti, dan ragu) adalah istilah umum di ruang kripto, dan dapat memiliki pengaruh yang jauh lebih kuat pada pilihan kita untuk membeli dan menjual daripada yang sebenarnya ingin kita lakukan.

TRENDING:  IPOT - Fitur Indopremier (IPOT) Aplikasi Trading Saham

FUD adalah singkatan dari Fear, Uncertainty, and Doubt. FUD umumnya mengacu pada sentimen pasar negatif, yang disebabkan oleh beberapa rumor, artikel berita yang tidak menguntungkan, atau tokoh terkemuka yang mengungkapkan kekhawatiran tentang pasar atau aset tertentu.

Ini dapat memiliki efek negatif pada harga karena pedagang menjual kepemilikan mereka mengharapkan penurunan harga lebih lanjut. FOMO adalah kebalikan dari FUD, yang merupakan singkatan dari Fear of Missing Out yang berarti takut kehilangan atau kehilangan peluang.

FOMO berkaitan dengan kecenderungan para pedagang untuk terbawa oleh angan-angan setelah melihat aksi harga atau berita positif, terkadang mengabaikan sinyal fundamental yang terburu-buru untuk melompat atau melompat ke bulan.

Ingat, tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, dan tidak ada nasihat orang yang lebih baik daripada melakukan penelitian Anda sendiri dan sampai pada kesimpulan Anda sendiri.

Dalam beberapa kasus, influencer dan penerbit sebenarnya dapat memiliki kepentingan dalam menyebabkan FUD atau FOMO memanipulasi pasar ke arah tertentu. Saat mempelajari tentang pembaruan terbaru di pasar cryptocurrency, selalu coba dan konfirmasi dengan berbagai sumber.

TRENDING:  Beberapa Cara Staking Proton XPR di Proton Wallet

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Pengertian Fomo ,Pengertian Mud