6 Tips Memilih HP Android Terbaik Dengan Harga Terjangkau

6 Tips Memilih HP Android Terbaik Dengan Harga Terjangkau

Jika kita membeli sebuah ponsel yang harganya tinggi seperti smartphone flagship, mungkin kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri karena kecanggihan fitur dan kualitas yang ditawarkan pasti yang terbaik. Namun, ada kalanya tidak semua smartphone mahal itu bagus dan cocok bagi si pembeli dan penggunanya. Sebagus apapun kecanggihan sebuah smartphone akan menjadi mubazir dan tidak berguna jika tidak sesuai kebutuhan.

Pada umumnya, salah satu kesalahan terbesar konsumen saat beli hp murah adalah terlalu percaya pada iklan, padahal produk itu belum tentu sesuai dengan kebutuhan kita.

Nah, agar tidak mengalami hal yang merugikan tersebut ketika membeli hp baru, Kamu perlu tahu tentang spesifikasi hp murah yang akan dibeli tersebut.

Terlebih lagi bila pembelian hp dilakukan secara online, dimana Kamu tidak bisa bertanya dan melihat langsung produknya. Agar tidak rugi ketika membali hp murah, berikut ini beberapa tips yang dapat Kamu ikuti.

1. Pilih RAM yang Memadai

Bila bicara RAM, pemilihan hp murah berkualitas harus disesuaikan dengan chipset yang disediakan. Hp di kelas menengah biasanya memiliki RAM 3 GB atau 4 GB, namun bila budget Kamu tidak memungkinkan, bisa juga memilih RAM 2 GB, namun Kamu harus teliti melihat speknya.

Hp dengan RAM 3 GB dijual dengan harga mulai dari 1 jutaan, namun bila Kamu memiliki budget lebih, maka kami sarankan untuk membeli hp RAM 4 GB, atau hp RAM 6 GB.

Secara umum, semakin tinggi RAM yang digunakan pada smartphone, maka makin mahal juga harga hp-nya. Namun kini banyak produsen smartphone yang menjual hp murah dengan spek tinggi.

TRENDING:  Xiaomi Rilis Redmi 10 di Indonesia pada 17 September

2. Lihat Chipset yang Dipakai

Ketidaktahuan akan spesifikasi hp murah sering menjebak banyak orang untuk membeli smartphone dengan spesifikasi mengecewakan namun dijual dengan harga yang terlalu mahal.

Salah satu yang banyak tidak orang ketahui adalah masalah chipset atau prosesor. Dewasa ini, pilihan prosesor hp biasanya ada di seputar Snapdragon atau MediaTek, walaupun sebenarnya banyak sekali jenis prosesor chipset lainnya seperti Kirin atau Exynos.

Kita ambil contoh untuk hp dengan prosesor Snapdragon, kami menyarankan untuk membeli hp dengan Snapdragon 710 atau Snapdragon 712. Bila budget tidak memungkinkan, Kamu bisa memilih hp Snapdragon 660 atau Snapdragon 665.

Bila pilihan Kamu jatuh ada prosesor MediaTek, kami merekomendasikan hp yang menggunakan MediaTek Helio G85, MediaTek Helio G90T, atau MediaTek Helio G95.

3. Pilih Hp dari Kelas Mid Range/Menengah

Maksud dari hp kelas mid range adalah hp kelas menengah yang harganya mungkin tidak bisa dibilang murah, namun masih berada pada kisaran harga yang terjangkau.

Smartphone yang ada di kelas mengah ini bisanya dibanderol pada kisaran harga Rp 2 – 3 jutaan, dan pada umumnya menawarkan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Kenapa mesti dari kelas mid range? Karena seperti yang kami sebutkan sebelumnya, dari segi spesifikasi, kualitas hp kelas mid range jelas jauh lebih baik dibanding membeli hp di kelas entry level.

TRENDING:  Jika diketahui frekuensi Suatu gelombang 4 Hz. Periode gelombang itu adalah...

Di samping itu, pilihan produk untuk hp kelas mid range lebih banyak, sehingga kita memiliki kesempatan untuk memilih produk yang sesuai dengan lebih mudah.

Jika budget yang dimiliki tidak memungkinkan untuk membeli hp di kelas menengah, maka Kamu bisa memilih hp pada kisaran harga 1 jutaan, namun dengan mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya merk smartphone tersebut dan track record produknya.

4. Pilih Layar yang Luas

Kalau masalah layar, sekarang bisa dibilang sebagai eranya hp dengan layar besar atau biasanya hp dengan layar 6 inci ke atas. Namun, tidak semua orang menyukai layar besar, karena mereka menganggap hp dengan layar kecil lebih fleksibel dan mudah dibawa.

Masih banyak pengguna smartphone yang lebih menyukai hp dengan layar 5 inci, kini sudah jarang ditemui produk hp baru yang menawarkan layar dengan bentang tersebut.

Satu hal lain terkait layar yang mesti diperhatikan adalah resolusinya. Agar mata lebih nyaman, maka resolusi layar minimum setidaknya sudah 1080p atau hp layar full HD, karena dianggap sebagai resolusi layar paling ideal saat ini.

5. Cek Kualitas Kamera

Jika kita memiliki budget 2 juta sampai 3 jutaan, kualitas kamera smartphone yang bisa didapat di kelas tersebut sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk dipakai memotret secara konvensional dan punya fitur yang cukup lengkap.

Tidak perlu memaksakan diri membeli hp dengan kamera terbaik bila memang budget yang tersedia tidak memungkinkan. Perlu Kamu ketahui bahwa hp murah pun sekarang sudah banyak yang dilengkapi kamera dengan hasil jepretan di atas rata-rata.

TRENDING:  Ponsel Gaming Oppo Reno6 WaVe kolaborasi Dengan Game Arena of Valor (AOV)

Bagi yang suka merekam video, kami menyarankan untuk memilih hp yang kameranya sudah dilengkapi fitur OIS, dan mampu merekam video berkualitas 4K. hp murah dengan spesifikasi kamera seperti ini sudah banyak di pasaran.

6. Desain dan Kualitas Material


Berbicara soal desain, sebenarnya ini kembali ke masalah selera tiap orang yang tentunya berbeda. Namun, kalau bicara tren yang ada saat ini, hp kekinian pada umumnya menggunakan desain layar hp tanpa bezel atau bezel less dan ada juga hp dengan notch atau poni.

Bila ditanya, kenapa desain itu penting? Jawabannya adalah, dengan desain yang kekinian, tentu tampilan hp akan terlihat lebih modern. Walaupun dari segi fungsi belum tentu sesuai dengan kebutuhan si pemakai.

Bila pilihan Kamu jatuh pada hp kelas menengah, maka tentang desain dan material ini menjadi penting dan perlu mendapatkan perhatian juga.

Smartphone kelas menengah pada umumnya menggunakan jenis material plastik pada bahannya. Jadi pastikan juga jenis material yang digunakan pada hp tersebut cukup kuat.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Tips Membeli Hp Android ,Tips Memilih Hp Android Murah ,Tips Memilih Hp Murah