Pengertian Hukum Perdata dan Contoh di Kehidupan Masyarakat

Pengertian Hukum Perdata dan Contoh di Kehidupan Masyarakat

Ketentuan Privaatrecht (istilah bahasa Belanda untuk Hukum Perdata) adalah salah satu bentuk aturan yang berlaku di negara Indonesia. Secara singkat, ketentuan ini mengatur tentang kepentingan individu. Ketahui pengertian Hukum Perdata secara lengkap pada artikel ini.

Definisi Umum

Apa pengertian ketetapan perdata? Ketetapan ini berupa ketentuan-ketentuan yang memberikan aturan tentang hubungan antara individu satu dengan lainnya. Ketetapan ini juga menitikberatkan terhadap kepentingan satu orang, bukan orang banyak.

Kemudian, definisi lainnya adalah ketentuan yang memiliki sifat materiil, yakni meliputi hal-hal yang bersifat pribadi. Ketentuan ini mengarah pada aturan kepentingan individu di hadapan peradilan dan ketetapan.

Maka dari itu, segala bentuk masalah atau penyimpangan yang terjadi antara satu orang dengan lainnya, akan tuntas melalui sistem ketentuan ini.

Definisi Hukum Perdata Menurut Para Ahli

Aturan privaatrecht adalah ketentuan terhadap hak, harta benda kemudian kaitan individu atau badan hukum berdasarkan dasar logika. Berikut adalah sejumlah definisi ketetapan tersebut berdasarkan pandangan beberapa pakar:

TRENDING:  Bagaimana Cara Menjadi Pengacara? Ikuti 6 Tahapan Ini!

1.      Prof. Subekti

Menurutnya, ketetapan ini adalah keseluruhan aturan private materiil, yang berisikan segala ketentuan secara pokok yang mengatur kepentingan pada satu orang.

2.      Prof. Sudikno Mertokusumo

Aturan ini berupa keseluruhan dari prosedur mengenai jalinan antara individu satu dengan yang lainnya. Di dalamnya, meliputi antara tautan dalam keluarga, hingga pergaulan dalam masyarakat secara umum.

3.      Sri Sudewi Masjchoen Sofwan

Menurut beliau, aturan ini adalah prosedur yang mengatur kepentingan pada warga negara secara individu, terhadap yang satu dan dengan lainnya.

Hukum Perdata dan Contohnya

Agar Anda dapat lebih memahami definisi tentang ketetapan ini, maka Anda juga perlu sedikit mengerti penjelasan sederhana ketetapan lain yakni aturan pidana.

Apabila secara privaatrecht mengatur mengenai tindakan kaitannya dengan kepentingan individu, maka secara pidana adalah sebaliknya. Yakni, mengatur prosedur yang menyangkut kepentingan masyarakat secara umum.

Kemudian, ada beberapa contoh atau bentuk persoalan yang bersambungan dengan urusan privaatrecht. Bentuk kasus dan masalah tersebut, berdasarkan kutipan tulisan dari Prof. Subekti, S.H adalah sebagai berikut.

  • Prosedur tentang diri individu. Contohnya, pencemaran nama baik antar individu, atau persoalan sengketa kepemilikan benda tertentu.
  • Aturan keluarga. Contohnya, sengketa hak asuh anak, masalah perkawinan, perceraian, kemudian problem dalam jalinan keluarga.
  • Ketetapan kekayaan. Contohnya masalah utang piutang.
  • Aturan waris. Contohnya persoalan yang berkaitan mengenai pengaturan warisan.
TRENDING:  Advokat Adalah, Pengertian, Hak, Kewajiban, dan Gaji

Asas Hukum Perdata

Dalam hakikat ini, terdapat beberapa hal pokok yang umumnya digunakan.

  • Landasan yang memberikan perlindungan terhadap hak asasi manusia, tertera dalam Butir 1-3 Burgerlijk Wetboek (BW) atau kitab undang-undang ketetapan tersebut.
  • Dasar bahwa setiap individu harus memiliki nama dan tempat rumah konstitusi, tertuang dalam Butir 5a dan seterusnya BW.
  • Landasan perlindungan terhadap orang yang tidak memiliki kecakapan untuk melakukan law action, tertuang dalam Butir 1330 BW.
  • Dasar hak milik yakni fungsi sosial, individu tidak boleh untuk menggunakan hak miliknya dengan merugikan orang lain atau masyarakat (Butir 1365 BW).
  • Asas pacta sunt servanda, yakni setiap kesepakatan mengikat para pihak dan wajib ditaati dengan keyakinan yang baik (Butir 1338 BW).
  • Parameter kebebasan saat membuat kesepakatan dan persetujuan, atau asas kebebasan dalam berkontrak. Masing-masing orang bebas menyusun perjanjian dalam berbagai bentuk, dengan keharusan tidak melanggar aturan kesusilaan, ketertiban, dan perundang-undangan yang berlaku.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan tentang pengertian hukum perdata dan contohnya dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga Anda bisa semakin memahami tentang prosedur ini dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

TRENDING:  Ketahui Besaran Gaji Pengacara di Indonesia

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Apa Pengertian Hukum Perdata ,Asas Hukum Perdata ,Definisi Hukum Perdata Menurut Para Ahli,Hukum Perdata Dan Contohnya