Ketahui Besaran Gaji Pengacara di Indonesia

Ketahui Besaran Gaji Pengacara di Indonesia

Pengacara merupakan sebuah profesi yang cukup terkenal di Indonesia dan sering dianggap sebagai pekerjaan dengan gaji yang mahal. Namun, berapa sebenarnya gaji pengacara? Apakah memang sangat tinggi dan mahal?

Pengertian dan Tugas Pengacara

gaji pengacara

Pengacara merupakan sebuah profesi yang menawarkan jasa hukum, baik itu di dalam pengadilan maupun di luar pengadilan.

Seorang pengacara adalah ahli hukum yang akan memberikan pendampingan hukum kepada kliennya. Selama menjalani proses hukum, pengacara akan mengupayakan agar kliennya mendapatkan hak yang sesuai.

Tidak mudah untuk menjadi seorang pengacara. Ada berbagai aturan dan kode etik yang harus dipahami.

Seorang pengacara memiliki kebebasan untuk mengeluarkan pernyataan untuk membela kliennya. Namun, tentu saja setiap ucapan dan pendapat itu harus sesuai dengan pandangan hukum.

Pengacara juga harus merahasiakan segala informasi dari klien, kecuali memang ada peraturan dan undang-undang yang membatasi. Selain itu, seorang pengacara juga harus bersikap adil dan tidak membedakan para kliennya berdasarkan suku, agama, jenis kelamin, pekerjaan, dan sebagainya.

TRENDING:  5 Cara Memilih Pengacara yang Tepat Menangani Masalah Hukum

Tugas dan Tanggung Jawab Pengacara

Dalam proses hukum, hadirnya seorang pengacara menjadi hal yang sangat penting untuk membantu banyak orang. Adapun tugas dari seorang pengacara adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pendampingan kepada klien selama menjalani proses hukum serta memastikan bahwa klien akan mendapatkan hak-hak yang sesuai.
  • Bekerja dengan memperhatikan kode etik, memberikan nasihat hukum kepada klien, dan memberikan konsultasi serta pendapat hukum yang valid.
  • Mewakili klien di muka pengadilan.
  • Menyiapkan dokumen hukum serta pembelaan tertulis lainnya terkait dengan kasus perdata.
  • Memperjuangkan hak asasi manusia secara sungguh-sungguh.
  • Menjadi penghubung antara klien dengan pengacara lain, pihak luar, dan berbagai instansi serta pihak terkait.
  • Memberikan pelayanan hukum secara gratis kepada orang yang tidak mampu.

Gaji Pengacara

Dengan tugas yang cukup banyak dan penting dalam hal memperjuangkan hak klien di mata hukum, berapa gaji pengacara per bulan?

Setiap pengacara yang telah melakukan tugasnya berhak mendapatkan honorarium atas jasa hukum yang telah mereka berikan. Adapun besaran gaji pengacara swasta ditentukan berdasarkan kesepakatan antara klien dan advokat.

TRENDING:  Apa Itu Remisi? Ketahui Dasar Hukum dan Syaratnya

Namun, besaran dari jumlah gaji yang pengacara dapatkan tentunya berbeda-beda tergantung pada spesialis yang mereka lakukan. Beberapa pengacara memiliki spesialisasi yang berbeda mulai dari hukum pidana, hukum bisnis, pertanahan, rumah tangga, dan sebagainya.

Gaji pengacara S1 juga memiliki perbedaan dengan lulusan S2. Selain itu, pengalaman juga menjadi salah satu indikator yang menyebabkan perbedaan gaji di kalangan para pengacara.

Pengacara muda memiliki gaji di angka Rp 7 juta sampai Rp 15 juta. Tergantung pada kemampuan individu, kemampuan bahasa inggris, penguasaan di berbagai aspek hukum, serta adanya izin praktik.

Sebelum menjadi pengacara, biasanya mereka juga mencari pengalaman terlebih dahulu melalui magang. Magang ini biasanya dilakukan ketika masih menjadi mahasiswa hingga saat lulusan baru. Gaji untuk pengacara magang ini berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 3 juta.

Apabila pengacara telah menjadi pengacara profesional dan bergabung dengan firma hukum, maka pendapatan mereka bisa lebih besar lagi. Gaji yang mereka terima dapat mencapai Rp 20 juta bahkan lebih tergantung dengan pengalaman.

TRENDING:  Advokat Adalah, Pengertian, Hak, Kewajiban, dan Gaji

Selain mendapatkan gaji, pada umumnya pengacara juga mendapatkan bonus tambahan apabila berhasil memenangkan kasus.

Bagaimana, apakah Anda sudah mengetahui berapa besaran pendapatan dari seorang pengacara di Indonesia?

Besarnya gaji pengacara juga sebanding dengan tugas dan tanggung jawab mereka untuk menegakkan keadilan di ranah hukum.