8 Cara Memperbaiki Eror Sayangnya Gmail Telah Menghentikan di Android

TEKNOMUDA.COM – Bahkan setelah persaingan sengit dari Play Store, Gmail adalah pilihan pertama sebagian besar pengguna. Saat memeriksa email terbaru atau membuat yang baru, Anda mungkin menemukan aplikasi mogok atau macet di telepon. Itu tidak terlalu menarik dan mengganggu alur kerja pengguna. Dalam skenario terburuk, Anda bisa kehilangan draf email yang Anda kerjakan beberapa waktu lalu.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengoperasian aplikasi Gmail di Android. Ini bisa berupa cache yang rusak, kekurangan memori, aplikasi usang, dan banyak lagi. Mari kita bahas masing-masing secara rinci.

1. Buka kembali aplikasi Gmail

Hal pertama yang dapat Anda coba adalah membuka kembali aplikasi Gmail di Android. Buka menu multitasking di Android, hapus aplikasi sepenuhnya dan coba buka lagi. Jika Anda masih menghadapi masalah, lanjutkan ke metode pemecahan masalah berikutnya.

2. Nyalakan ulang telepon

Restart telepon sederhana dapat memperbaiki beberapa masalah terkait sistem dan aplikasi yang mengganggu di ponsel Android Anda. Tekan dan tahan tombol Power di samping dan pilih Restart.

3. Keluar dari program percobaan

Google menjalankan program beta pada aplikasi perusahaan yang paling populer. Jika Anda bergabung dengan program semacam itu untuk aplikasi Gmail, saatnya untuk meninggalkannya dari Play Store. Ikuti langkah-langkah berikut.

TRENDING:  Ini Yang Dibutuhkan Windows 11 Agar Aplikasi Android Tidak Gagal Di PC

Langkah 1: Buka Play Store di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Temukan Gmail dan buka deskripsi aplikasi.

Langkah 3: Gulir ke bawah, dan cari opsi untuk meninggalkan perangkat lunak beta di telepon.

Sekarang lanjutkan dan instal versi stabil terbaru dari Play Store.

4. Perbarui Gmail

Gmail telah berhenti secara tidak terduga yang mungkin disebabkan oleh kesalahan pembuatan ponsel. Google dengan cepat bekerja untuk memperbaiki masalah kritis dalam pembaruan aplikasi berikutnya.

Buka Play Store di ponsel dan buka daftar Aplikasi dan game saya. Di sini Anda akan menemukan semua pembaruan yang tersisa untuk aplikasi. Temukan Gmail dalam daftar dan perbarui aplikasi ke versi terbaru yang tersedia.

Silakan, buka aplikasi di telepon dan lihat apakah itu berfungsi seperti yang diharapkan.

5. Hapus Penyimpanan Gmail

Pengguna Power Gmail harus menerapkan trik ini untuk memperbaiki masalah crash aplikasi di ponsel Android. Penggunaan Gmail yang agresif dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan di ponsel, praktik ini akhirnya memperlambat ponsel dan memunculkan kesalahan “Sayangnya Gmail telah berhenti”

TRENDING:  Menjadi Youtuber - Inilah 10 Tips Membuat Channel Youtube

Anda perlu mengosongkan penyimpanan Gmail dari ponsel. Berikut cara melakukannya.

Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda.

Langkah 2: Gulir ke bawah ke Penyimpanan.

Langkah 3: Ketuk Aplikasi lain.

Langkah 4: Temukan Gmail dari daftar. Klik di atasnya.

Langkah 5: Ketuk Clear Storage dari menu berikut.

Sayangnya, ada banyak langkah untuk mendapatkan opsi sederhana di menu pengaturan. Kami memiliki metode alternatif untuk Anda juga.

Temukan aplikasi Gmail di ponsel. Tekan lama pada ikon aplikasi dan ketuk ikon info kecil. Ini akan membawa Anda langsung ke menu info aplikasi. Pilih Penyimpanan dan hapus dari daftar berikut.

6. Bersihkan Cache

Menghapus cache Gmail dapat memecahkan masalah masalah crash aplikasi email di ponsel Android Anda. Setiap aplikasi Android mengumpulkan data cache di latar belakang untuk membuat pembukaan aplikasi dan operasi lainnya semulus mungkin.

Kami pernah mengalami masalah kerusakan aplikasi Gmail di masa lalu dan trik ini sangat berhasil bagi kami. Berikut adalah cara menerapkannya.

TRENDING:  Cara Memperbaiki Eror Google Play Store Dalam Memeriksa Pembaruan

Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda.

Langkah 2: Gulir ke bawah ke Penyimpanan.

Langkah 3: Pilih Aplikasi Lain.

Langkah 4: Temukan Gmail dari daftar. Klik di atasnya.

Langkah 5: Ketuk Clear Cache dari menu berikut.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat mengklik lama pada ikon aplikasi Gmail dan memilih info aplikasi dari daftar mengambang. Ini akan membawa Anda langsung ke layar info aplikasi Gmail yang terkubur di Pengaturan.

7. Hapus aplikasi dari daftar multitasking

Trik ini berlaku untuk ponsel Android dengan RAM 3GB atau 4GB. Untuk pengalaman multitasking yang superior, Android membuat semua aplikasi tetap terbuka di latar belakang. Praktek dapat meninggalkan Gmail dengan lebih sedikit RAM untuk digunakan di telepon.

Tutup aplikasi lain dari latar belakang. Buka menu multitasking di ponsel dan tutup aplikasi yang tidak relevan dari latar belakang.

8. Gunakan GMAIL alternatif

Jika Anda masih menghadapi Gmail telah menghentikan kesalahan di telepon, pertimbangkan untuk menggunakan alternatif Gmail di Android. Play Store penuh dengan aplikasi email luar biasa untuk dipilih.