Gempa Terkini di Banten M 5.1, Terasa di Jakarta dan Sekitarnya

Gempa Terkini di Banten M 5.1, Terasa di Jakarta dan Sekitarnya – Gempa berkekuatan 5,1 SR mengguncang barat daya Banten pada Jumat (4/1). Dampaknya terasa sampai ke Jakarta. Menurut informasi dari BMKG, gempa terjadi pada koordinat 7.14 LS-106.01 BT atau 35 km barat daya Bayah-Banten.

Gempa tersebut terjadi pada Jumat (1/4) pukul 14.14 WIB. Pusat gempa dilaporkan berada di 7,14 Lintang Selatan (LS) dan 106,01 Bujur Timur (BT) “35 km barat daya Bayah-Banten,” tulis @infoBMKG.

Gempa yang terjadi di Banten berpusat di Laut. Gempa terasa hingga ke DKI Jakarta. “Kedalaman 10 kilometer,” tambah BMKG.

Gempa yang mengguncang Banten dan sekitarnya itu berkekuatan magnitudo (M) 5,1. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. “Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG dalam situs resminya, Jumat (1/4/2022).

Getaran gempa terasa di beberapa daerah, mulai dari Jakarta hingga Tangerang Selatan (Tangsel). Daerah yang paling merasakan gempa adalah Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. “Dirasakan 3 MMI di Palabuhanratu,” kata koordinator penanggulangan gempa dan tsunami BMKG Daryono, Jumat (4/1/2022).

TRENDING:  4 Gempa yang Terjadi Hari Ini 30 Desember 2021

Gempa juga sedikit terasa di Jakarta dan Ciputat. “Jakarta, Ciputat (dirasakan skala) 2 MMI,” katanya.

Diketahui skala 2MMI berarti getaran yang dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala 3MMI berarti getaran terasa nyata di dalam rumah. Ada getaran seperti truk lewat.

Sebelumnya, gempa serupa sempat mengguncang Banten. Gempa terjadi di dua lokasi dengan selisih beberapa detik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan gempa pertama berpusat di Muara Binuangeun dengan kekuatan magnitudo (M) 4,8 pada pukul 11.54.17 WIB. Gempa kedua yang berpusat di Bayah dengan kekuatan M 5 terjadi pada pukul 11.54.19 WIB.

Gempa terjadi dua kali, bedanya hanya beberapa detik,” kata Febby dikutip dari detikcom, Jumat (1/4/2022).

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Gempa Banten