Tanggal rilis pembaruan Windows 10 21H2 “Sun Valley” dan fitur-fitur baru

TEKNOMUDA – Dengan perubahan desain massal dan sejumlah fitur baru, sepertinya pembaruan Sun Valley akan menjadi yang terbesar untuk Windows 10 sejak peluncuran pertamanya.

Windows 10 telah mengalami banyak perubahan dalam enam tahun sejak pertama kali diluncurkan, tetapi tampilan dan nuansa dasarnya tetap ada. Baik Anda membeli perangkat baru atau belum diperbarui dalam beberapa tahun (versi terakhir yang dicadangkan secara resmi oleh Microsoft adalah dari Mei 2018), pengalamannya akan hampir sama.

Namun, ini tampaknya akan berubah pada tahun 2021. 21H1 adalah pembaruan kecil yang kami harapkan, tetapi perubahan besar diharapkan terjadi akhir tahun ini. Berikut semua yang perlu Anda ketahui tentang pembaruan 21H2, yang secara internal diberi kode nama “Sun Valley”.

 

Tanggal rilis pembaruan Windows 10 21H2

Kami tidak memiliki informasi versi spesifik apa pun pada saat ini, meskipun waktu pembaruan fitur Windows 10 sebelumnya memberikan ide yang baik tentang kapan kami dapat mengharapkannya. Pembaruan terakhir untuk 2019 tiba pada 12 November, sedangkan setahun kemudian diperkenalkan pada 20 Oktober.

Semua bendera mengarah ke jendela rilis serupa untuk pembaruan Sun Valley. Faktanya, satu artikel Windows Central menyatakan bahwa itu akan dipromosikan sebagai “Pembaruan Oktober 2021”.

Seperti biasanya, anggota Program Windows Insider kemungkinan akan memiliki akses ke rilis awal sejak awal, jadi segera cari jika Anda sudah mendaftar. Jika tidak, cukup buka Pengaturan>

Pembaruan & Keamanan> Program Windows Insider dan klik “Memulai” – ini terbuka untuk semua orang yang memiliki perangkat Windows 10.

Versi semi-final dari pembaruan 21H2 diharapkan tersedia untuk orang dalam pada Juni 2021.

Pada Microsoft Build Developer Conference pada Mei 2021, CEO Satya Nadella berkata, “Kami akan segera (Microsoft) membagikan salah satu pembaruan terpenting untuk Windows dalam dekade terakhir.” Nadella kemudian menggambarkannya sebagai “generasi Windows berikutnya”, yang kemungkinan akan dimulai dengan pembaruan 21H2. Namun, tidak jelas apa yang dia maksud dengan “segera” – kolom reguler Oktober tetap yang paling mungkin.

 

Akankah PC Windows saya mendapatkan pembaruan 21H2?

Sangat mungkin, asalkan PC atau laptop Anda dapat mengunduh pembaruan 21H1 dalam beberapa minggu mendatang. Pembaruan fitur terbaru Microsoft belum dimulai hingga saat ini, tetapi ini akan bertindak sebagai indikator utama apakah perangkat Anda mendapatkan 21H2. Memiliki program yang diperbarui sekarang juga berarti Anda kemungkinan besar akan memenuhi syarat.

 

Anda mungkin juga harus bersabar. Microsoft telah diketahui mengurangi ketersediaan pembaruan fitur untuk mengelola permintaan, jadi mungkin perlu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah tanggal rilis resmi yang memenuhi syarat untuk PC Anda.

TRENDING:  Deskripsi Software Utility Dan Kegunaan Jenis Software Utility

Faktanya, Pembaruan Mei 2020 tidak secara resmi dihapus dari semua perangkat yang kompatibel hingga Februari 2021.

Seperti biasanya, Anda mungkin harus menginstal pembaruan fitur sebelumnya sebelum Sun Valley tersedia untuk diunduh di pengaturan.

 

Windows 10 21H2 memperbarui fitur-fitur baru

Sejak Oktober 2020, kami memiliki gagasan bahwa pembaruan 21H2 mungkin merupakan pembaruan Windows 10 terbesar. Banyak fitur yang dikabarkan pada saat itu, dan telah ada banyak rumor sejak saat itu. Inilah yang kami ketahui sejauh ini:

 

Bahasa desain baru

Perombakan desain yang diantisipasi dari penyegaran Lembah Matahari tidak diragukan lagi merupakan berita paling menarik yang pernah kami dengar sejauh ini. Microsoft tampaknya siap untuk mengubah antarmuka pengguna Windows 10 agar lebih kompatibel dengan bahasa desain “Fluent UI” yang baru, dengan sudut membulat dan desain yang lebih sederhana.

Ini akan mencakup aplikasi sistem seperti File Explorer dan Pengaturan, serta kotak dialog File dan Salin. Kami berharap sebagian besar aplikasi Microsoft mengadopsi desain yang serupa, dengan Windows Central yang menyorot “Alarm & Jam” secara khusus. Menu Mulai, yang diperbarui pada akhir tahun 2020 untuk secara otomatis menyesuaikan dengan tema perangkat, juga akan mendapat manfaat dari peningkatan ini.

Menurut Windows Latest, Microsoft juga mempertimbangkan desain di mana menu Start dan jendela klik kanan “mengambang”, dengan celah yang jelas antara keduanya dan bilah tugas. Maket dari penulis Mayank Parmar menunjukkan bagaimana ini bisa bekerja:

Di tempat lain, juga akan ada stasiun tugas baru. Ini akan mengadopsi desain yang hampir identik dengan Windows 10X, Windows baru Microsoft yang dibangun untuk perangkat layar ganda. Perbaikan besar di sini adalah menu Pengaturan Cepat baru, yang akan menghilangkan banyak kekacauan dari bilah tugas. Ada juga antarmuka pengguna khusus untuk mengontrol musik dan area notifikasi terpisah, yang semuanya terlihat dengan satu klik.

Untuk melengkapi ini, Microsoft juga diharapkan untuk memperkenalkan fitur bergaya dasbor baru, yang akan memberikan gambaran umum informasi tentang akun Anda. Ini mungkin termasuk acara kalender, dokumen terbaru, tugas, atau berita terkait lainnya.

 

Opsi penyesuaian baru

Perubahan visual sepertinya tidak berakhir di situ. Menurut Windows Latest, Microsoft sedang berupaya menambahkan pengaturan kustomisasi baru di pembaruan 21H2. Ini akan mencakup dukungan untuk “Windows Spotlight”, di mana wallpaper Bing harian dapat disetel sebagai wallpaper desktop Anda. Ini juga mencakup kemampuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang setiap gambar seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Artikel yang sama juga menunjukkan bahwa personalisasi keyboard di layar juga akan diperkenalkan di pembaruan 21H2. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengubah warna tombol dan batas, serta ukuran dan transparansi setiap tombol. Kedua fitur sekarang berfungsi dalam pratinjau rilis Windows 10, meskipun akhir 2021 tampaknya akan diluncurkan secara penuh.

TRENDING:  Cara Mudah Menambahkan Aplikasi Linux Ke Windows

 

Bagan penggunaan baterai baru

Menurut tweet di bawah ini, sepertinya Microsoft akan menambahkan menu penggunaan baterai baru di dalam aplikasi Pengaturan. Ini diharapkan mencakup informasi tentang aplikasi yang paling membutuhkan daya, serta alat untuk mengurangi pengurasan baterai di masa mendatang.

Dengan fitur yang diperkirakan tidak akan tiba di pembaruan 21H1, semua tanda menunjukkan kedatangannya di Sun Valley. Namun, ini adalah bocoran pertama yang kami lihat dari @thebookisclosed di Twitter, jadi kami tidak dapat memastikan bahwa ini akan masuk ke versi final.

 

Sempurnakan multitasking Anda

Banyak fitur baru yang ditambahkan ke browser Microsoft Edge baru-baru ini, dan Sun Valley akan melihat satu tab yang disertakan dalam alat Snap Assist Windows 10. Ini akan mempermudah penggunaan dua atau lebih tab browser pada saat yang bersamaan.

 

Pembaruan Snap Assist juga diharapkan mencakup mengingat dua aplikasi yang terputus saat terhubung / terputus dari layar eksternal. Saat ini, ini akan diatur ulang setiap kali jumlah layar yang terhubung berubah.

Menurut Windows Latest, Microsoft sekarang juga akan mengizinkan desktop virtual terpisah untuk setiap layar yang digunakan. Ini memungkinkan pengguna untuk memisahkan tab Personal dan Professional, terutama jika mereka menggunakan perangkat yang sama untuk keduanya. Penulis Mayank Parmar mengatakan perusahaan saat ini sedang menguji fitur tersebut, yang akan tersedia melalui sakelar di Pengaturan.

Artikel yang sama juga menunjukkan bahwa fitur bernama “Aero Shake” akan bersifat opsional. Saat ini, menggesek jendela yang terbuka dari sisi ke sisi akan meminimalkan semua aplikasi yang terbuka. Ini bisa menjadi cara yang berguna untuk mengakses desktop dengan cepat, tetapi ini pasti tidak untuk semua orang.

 

Fungsi suara dan stylus yang ditingkatkan

Windows 10 dapat dikontrol dengan suara Anda atau dengan stylus, tetapi tidak ada pengalaman yang paling intuitif. Ini tampaknya diatur untuk berubah dalam pembaruan Sun Valley, dengan antarmuka pengguna kontrol suara yang lebih jelas dan menu konteks khusus yang muncul saat menggunakan pena yang kompatibel dengan Windows 10.

 

Gerakan dalam mode tablet

Windows 10 tidak pernah terasa dioptimalkan sepenuhnya untuk tablet, tetapi memasukkan gerakan dapat membantu meningkatkan pengalaman sentuh. Menurut Windows Central, ini akan meniru gerakan trackpad yang ada, dengan empat atau lima jari menggesek ke bawah untuk meminimalkan aplikasi.

TRENDING:  Review Nvidia RTX 3070 Ti: Lebih Dari Yang Dibutuhkan Para Gamer

 

Kemampuan untuk menghapus aplikasi sistem

Windows 10 selalu hadir dengan berbagai macam aplikasi sistem, tetapi banyak di antaranya tidak dapat dicopot pemasangannya. Ini tampaknya berubah, karena Zac Bowden dari Windows Central telah menyarankan bahwa jumlah aplikasi yang dapat dicopot pemasangannya akan meningkat secara signifikan. Namun, tidak jelas apa yang akan dicantumkan.

 

Pengaturan layar dan kamera baru

Ini adalah di antara perubahan kecil yang akan datang dalam pembaruan Sun Valley, tetapi perubahan tersebut masih dapat membuat perbedaan besar pada pengalaman pengguna. Menurut laporan terbaru Windows, pembaruan akan memberikan opsi untuk menyesuaikan tingkat kontras layar secara otomatis agar dapat mengelola masa pakai baterai dengan lebih efektif.

Juga akan ada bagian ‘Kamera’ baru dalam pengaturan perangkat keras, memungkinkan Anda untuk mengelola kamera internal dan luar ruangan dengan lebih mudah. Ini juga akan memberikan kemampuan untuk menyesuaikan kecerahan dan kontras setiap lensa, yang kemudian akan diterapkan di semua aplikasi yang digunakan.

Artikel Windows Terbaru sebelumnya juga menyarankan bahwa Windows 10 akan segera memberi tahu Anda ketika aplikasi pihak ketiga menggunakan kamera Anda.

 

Hapus sinkronisasi di seluruh perangkat

Sayangnya, tidak semua berita bagus. Karena laporan situs saudara PCWorld dan beberapa sumber lainnya, rilis Windows Insider Preview baru-baru ini mengungkapkan bahwa aktivitas baru tidak akan lagi direkam di Windows 10 Timeline. Ini akan terus bekerja dengan konten di perangkat yang Anda gunakan, tetapi itu berarti bahwa Anda akan kehilangan sinkronisasi lintas perangkat. Anda masuk ke akun Microsoft yang sama. Tidak jelas mengapa Microsoft telah mengambil langkah-langkah untuk membuat fitur seperti Timeline menjadi kurang berguna, dengan alternatif yang disarankan untuk “aktivitas terkini” Edge yang hampir tidak universal. Ini hanya desain pratinjau, jadi ada kemungkinan itu tidak akan berhasil mencapai versi final, tetapi sepertinya tulisan itu mungkin ada di dinding untuk disinkronkan antar perangkat pada Windows 10.

Kami belum mendengar apa pun yang resmi dari Microsoft terkait pembaruan Sun Valley. Namun, Chief Product Officer Panos Panay mengatakan dia “sangat bersemangat” tentang “generasi berikutnya dari Windows”. Kami berharap staf senior bersemangat dengan rilis mendatang, tetapi haruskah kami bersemangat tentang prospek Sun Valley?

Setelah membatalkan Windows 10X, Microsoft tampaknya memfokuskan perhatiannya pada pembaruan 21H2. Kami harap Anda menyederhanakan dan menyederhanakan pengalaman Windows 10 seperti yang seharusnya dilakukan subdisplay.

Pembaruan 21H1 Windows 10 sekarang tersedia untuk perangkat tertentu, meskipun itu hanya pembaruan kecil yang kami harapkan.

Originally posted 2021-05-29 18:30:11.