Menjadi Youtuber – Inilah 10 Tips Membuat Channel Youtube

TEKNOMUDA.COM – Seiring budaya vlogging yang terus bermunculan, dapat dimengerti jika orang dewasa yang paham teknologi tergoda oleh ide untuk membuat saluran YouTube. Bagaimanapun, ini adalah hobi yang menyenangkan dan interaktif dengan potensi untuk mengubah Anda menjadi selebriti internet – dengan manfaat tambahan yaitu membantu Anda bertemu orang baru, mendapatkan barang gratis dari perusahaan, dan tentu saja, mendapatkan penghasilan yang mengesankan.

Tetapi jika Anda ingin mendapatkan pengikut yang mantap atau setidaknya memposting konten yang layak yang mendapatkan banyak pandangan dan suka, Anda perlu melakukan lebih dari sekadar menjadi Anggota Berkontribusi YouTube. Berikut adalah beberapa tip berguna untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari proyek Anda di dunia vlogging dan pembuatan konten.

Cara mengatur saluran YouTube Anda

Membuat saluran YouTube baru itu sederhana. Ini membantu jika Anda sudah memiliki akun Gmail, yang memungkinkan Anda untuk menautkan saluran baru ke alamat email Anda.

  1. Masuk ke YouTube
  2. Klik gambar Anda di sudut kanan atas (versi desktop)
  3. Pilih “buat saluran”
  4. Putuskan apakah akan menggunakan nama yang terkait dengan alamat email Anda atau membuat nama khusus untuk saluran Anda
  5. Tambahkan detailnya ke bagian “Tentang”.
  6. Sesuaikan tampilan saluran Anda dengan foto sampul dan gambar profil
  7. Unggah video pertama Anda
  8. Tambahkan daftar putar, isi profil Anda dengan lebih banyak detail, dan tautkan ke akun media sosial Anda yang lain

Kiat untuk memulai saluran YouTube yang sukses sebagai pemula pada tahun 2021:

Sekarang setelah Anda menyiapkan akun Youtube, sekarang saatnya untuk meletakkan dasar untuk membuat saluran yang sukses. Sebagai seorang pemula, penting untuk memahami langkah-langkah ini atau Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu dan uang.

Memiliki audio yang tajam dan video yang jernih di semua video Anda dapat membedakan Anda dari banyak pengguna Youtube lain di luar sana. Kami menganggap membeli peralatan yang tepat dari awal untuk menjadi langkah pertama dalam meluncurkan karier Youtube yang sukses.

 

  • Peralatan audio dan video apa yang terbaik untuk memulai saluran Youtube?

 

Menggunakan ponsel cerdas Anda jelas merupakan cara yang dapat diterima untuk merekam video, tetapi jika Anda ingin pemirsa menikmati konten Anda, sangat berharga untuk berinvestasi dalam peralatan yang tepat. Sebagian besar YouTuber menggunakan DSLR atau kamera mirrorless, bersama dengan aksesori penting lainnya untuk videografi seperti tripod, lensa, dan pencahayaan studio. Bagi mereka yang biasanya merekam video saat bepergian, kamera tanpa cermin atau aksi dan monopod atau gimbal portabel yang bagus adalah roda gigi utama.

Ingat, bagaimanapun, bahwa kamera vlogging yang bagus bukanlah segalanya. Jika Anda mengabaikan hal-hal lain seperti kualitas suara dan pencahayaan, pemirsa Anda mungkin masih kehilangan minat pada video Anda setelah beberapa detik pertama dan tidak akan berlangganan saluran Anda sama sekali.

Belilah mikrofon bagus yang dapat Anda pasang ke kamera Anda. Pada saat yang sama, perhatikan kondisi rekaman Anda dan biasakan untuk memeriksa apakah audio Anda cukup jelas untuk dipahami pemirsa.

Untuk hasil terbaik, gunakan mikrofon shotgun yang dirancang untuk menangkap suara sebagian besar dari depan sehingga kebisingan dapat diredam dari samping dan belakang mikrofon. Beberapa blogger video melangkah lebih jauh dengan berinvestasi dalam beberapa mikrofon untuk situasi perekaman yang berbeda – Anda mungkin memerlukan mikrofon lavalier (mikrofon kecil yang pas di baju Anda) untuk merekam video kebugaran atau jenis video lainnya yang mengharuskan Anda berada jauh dari kamera, Atau mikrofon kondensor yang bagus (atau mikrofon apa pun yang biasa digunakan untuk podcast) yang memungkinkan Anda membuat operasi audio yang jelas.

TRENDING:  Berikut Cara Membuat Security Password Pada File RAR

  • Mulailah dengan program pengeditan sederhana

 

Hanya karena membuat video tidak berarti Anda memerlukan perangkat lunak tingkat lanjut (seperti Final Cut Pro) untuk mengedit konten Anda. Program-program ini tidak serta merta meningkatkan konten Anda, terutama jika Anda akan mengalami banyak kesulitan dalam menanganinya selama beberapa minggu pertama.

Jika Anda seorang pemula dengan pengeditan video, Anda akan melakukan jauh lebih baik dengan program sederhana seperti Windows Movie Maker atau Apple iMovie. Ini jauh lebih ramah pengguna dan dapat diunduh dengan mudah (gratis), jika Anda belum memilikinya di komputer Anda.

Kiat untuk membuat konten hebat

 

  • Rencanakan konten Anda

 

Sebelum membuat saluran YouTube Anda, Anda mungkin telah memutuskan jenis konten video yang ingin Anda tampilkan. Cara terbaik untuk meningkatkan tampilan Anda dan tetap mendapatkan pengikut adalah dengan membuat konten Anda tetap menarik dan menarik. Semakin banyak orang yang dapat menautkannya, semakin mereka ingin mengklik dan menontonnya sampai selesai.

Ini juga membantu tetap berpegang pada topik Anda, jika Anda memilikinya. Misalnya, banyak YouTuber sukses memiliki saluran yang didedikasikan untuk perjalanan, tutorial, atau kehidupan sehari-hari mereka. Pemirsa suka hidup secara tidak langsung melalui orang-orang yang menontonnya, jadi beri tahu mereka apa yang diharapkan dan berikan materi menyenangkan yang dapat membuat mereka bersenang-senang.

  • Temukan inspirasi

Seiring kemajuan Anda, akan lebih sulit untuk membuat konten baru dan segar yang sesuai dengan hype di beberapa video pertama. Tapi jangan khawatir, bahkan artis YouTube berpengalaman pun sesekali mengalami hal yang sama. Rahasianya adalah menemukan inspirasi di mana-mana – bahkan saat Anda keluar dan keluar dan beristirahat sejenak dari rekaman. Buat daftar pemikiran Anda. Lihat video kami yang lain dan manfaatkan idenya untuk menjadikannya milik Anda.

 

Hindari membandingkan diri Anda dengan orang lain dan fokuslah pada saluran Anda sendiri. Selama Anda menyukai dan menikmati konsep yang Anda buat, pemirsa akan merasakan kesetiaan dan kecintaan Anda pada profesi Anda, dan ini akan membantu memicu minat mereka. Selagi Anda melakukannya, gunakan setiap kesempatan untuk meningkatkan dan berkembang di bidang lain. Jelajahi teknik pengambilan gambar kamera lainnya, gaya pengeditan, dan gaya untuk presentasi Anda.

 

Kiat untuk menemukan ide untuk konten Anda

Beberapa konten kami yang paling banyak dilihat dan dihargai menjawab pertanyaan yang sama-sama kita miliki. Pikirkan tentang topik yang ingin Anda pelajari, kemudian pertimbangkan untuk membuat video untuk membantu orang lain yang mungkin bertanya-tanya tentang hal yang sama. Video “Cara” adalah salah satu konten paling populer di YouTube. Apa yang bisa Anda ajarkan kepada pemirsa Anda?

 

  • Hitung setiap detik

Sama pentingnya untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi dan menghapus apa pun yang menurut Anda mungkin tidak berkontribusi untuk meningkatkan video Anda. Ini berarti Anda harus selektif dengan klip yang Anda masukkan dalam klip terakhir. Pilih hanya jepretan terbaik Anda (dan potong momen entah dari mana) untuk membuat pemirsa tetap tertarik dan terlibat di sepanjang video.

TRENDING:  Pengertian Dan Tujuan Investasi Jangka Panjang Yang Wajib Diketahui

Setelah Anda mengumpulkan lebih banyak pengikut, Anda mungkin memiliki lebih banyak kebebasan untuk memasukkan beberapa cuplikan teknis (atau irasional), tetapi selalu ingat untuk berpikir sebagai pemirsa dan membuat apa yang ingin Anda lihat.

Cara memasarkan saluran YouTube Anda

Mempersiapkan dan mengupload video pertama Anda hanyalah permulaan. Berikutnya adalah memasarkan saluran Anda sehingga Anda dapat membuat akun YouTube pengikut yang sukses.

 

  • Optimalkan video Anda untuk pencarian dan SEO

 

Rahasia lain untuk memberi video Anda lebih banyak visibilitas adalah dengan mengoptimalkan konten Anda untuk membantunya mendapat peringkat di YouTube. Setelah Anda mengupload video pertama Anda, berikan judul deskriptif yang bagus yang kemungkinan besar akan diketik oleh pemirsa Anda di kotak pencarian, dan pastikan untuk memasukkan kata kunci atau frase kata kunci Anda. Misalnya, judul “Bali Birthday Travel Vlog 2021” jauh lebih baik daripada “Bali Here We Go!”

 

Selain itu, pastikan untuk menggunakan tag terkait yang akan membantu memposisikan video Anda ke dalam beberapa kategori terkait. Jika ragu, skala kompetisi dan periksa bendera yang digunakan video serupa lainnya. Terakhir, tulis deskripsi yang baik setidaknya dalam 200 kata, dan sertakan kata kunci target, sinonim, dan variasi kata kunci ekor panjang. Ini tidak hanya akan membantu pemirsa mengetahui dengan tepat tentang apa video Anda, tetapi juga akan membantu peringkat video Anda di halaman hasil mesin pencari.

 

  • Bangun jaringan Anda dengan media sosial

 

Meskipun YouTube tidak selalu diklasifikasikan sebagai situs jejaring sosial, YouTube adalah tentang menghubungkan, berbagi, dan berkolaborasi dengan pengguna lain. Karenanya, untuk menjadi sukses, Anda harus berusaha membangun jaringan Anda. Hal ini sangat penting dalam komunitas YouTube, karena kolaborasi antara pembuat konten terbukti efektif dalam membantu saluran tumbuh dan mendapatkan pelanggan baru karena membantu kedua kolaborator mendapatkan visibilitas dengan basis pelanggan lain.

Bicaralah dengan pembuat konten lain, berteman, dan jangan takut untuk menghubungi YouTuber terbesar untuk menanyakan tentang potensi kolaborasi. Ini pasti bisa mengintimidasi, tetapi Anda tidak akan ke mana-mana kecuali Anda mencobanya!

 

 

  • Terhubung dengan pemirsa Anda

 

Seiring waktu, Anda perlahan akan mendapatkan pengikut dan menerima lebih banyak komentar penggemar di video Anda, dan akhirnya, Anda akan menerima pesan di akun media sosial pribadi Anda – dan Anda mungkin menerima beberapa surat penggemar, jika Anda memutuskan untuk membagikan P.O. Kotak. Kapan pun memungkinkan, luangkan waktu untuk terhubung dengan pemirsa Anda. Ingat, akun media sosial Anda adalah perpanjangan dari saluran YouTube Anda, jadi cobalah untuk membagikan berita tentang kehidupan Anda di platform media sosial populer seperti Instagram, Twitter, dan Snapchat. Penting juga bagi Anda untuk mencoba membaca dan menanggapi semua Tweet, komentar, dan pesan lain yang Anda terima (sesering mungkin).

Interaksi ini penting karena membantu pelanggan mempelajari lebih lanjut tentang Anda, ditambah lagi dapat membantu Anda menumbuhkan rasa komunitas dan persahabatan online di antara komunitas kecil Anda. Mereka tidak cukup hanya menyukai konten Anda – mereka juga harus menyukai pengalaman umum mereka dengan saluran Anda.

TRENDING:  Aplikasi Menolak Menutup Dan Masih Berjalan di Android, Ini Caranya

Berinteraksi dengan pemirsa Anda juga dapat membantu Anda mendapatkan inspirasi untuk ide konten baru. Paling tidak, dia akan membuat Anda tetap terinspirasi untuk terus maju meskipun ada kesulitan dalam mengembangkan dan memelihara saluran Anda.

  • Abaikan semua komentar negatif

 

Tidak peduli seberapa besar atau kecil saluran Anda, akan selalu ada komentar negatif. Bagaimanapun, YouTube adalah sarang orang-orang kejam yang dengan mudah bersembunyi di balik avatar kosong mereka. Tidak peduli seberapa bagus konten Anda dan seberapa keras Anda bekerja di saluran Anda, akan selalu ada orang yang akan membuat komentar yang menjengkelkan dan mencoba menjatuhkan Anda.

Alih-alih membiarkan mereka memengaruhi Anda, anggap ini sebagai pengingat sederhana bahwa Anda tidak dapat menyenangkan semua orang, dan jangan lupakan mereka yang menghargai Anda dan apa yang Anda lakukan. Minta kekuatan dari orang-orang ini untuk mengatasi hal-hal negatif dan terus memproduksi konten untuk mereka.

  • Upload video secara teratur

 

Kiat penting lainnya adalah konsisten dengan unggahan Anda. Tidak peduli seberapa tidak sempurnanya konten Anda, penting bagi Anda untuk terus memublikasikan video Anda, seperti halnya podcast.

Beberapa pemilik saluran YouTube memposting video sekali atau dua kali seminggu dan memberi tahu pemirsa mereka jadwal ini (biasanya di akhir setiap video) sehingga pemirsa tahu kapan harus memeriksa kembali. Ini memberi saluran lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan aliran penayangan yang stabil, terutama setelah Anda mendapatkan sejumlah pelanggan aktif. Setelah Anda memutuskan jadwal yang cocok untuk Anda, patuhi itu. Anda harus menjadi lebih baik dan mendapatkan lebih banyak perhatian dalam sekejap.

Kiat monetisasi

Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan penghasilan dari saluran Youtube Anda. Setelah Anda membuat pengikut dan audiens, akan ada beberapa cara berbeda untuk memperoleh penghasilan.

Monetisasi: Cara Menghasilkan Uang Dengan Saluran Youtube Anda

YouTube adalah cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Anda dapat membuat video untuk mengumpulkan uang sekarang, atau memanfaatkan konten yang ada dengan cara baru untuk meningkatkan penghasilan pasif Anda. Berikut beberapa cara berbeda untuk menghasilkan uang dari postingan Anda yang sudah ada:

  • Gunakan AdSense untuk mendapatkan pendapatan iklan
  • Mulailah sebagai mitra YouTube
  • Bekerja sama dengan perusahaan untuk membuat konten bersponsor yang meningkatkan jangkauan ke basis penggemar Anda untuk monetisasi
  • Lisensi konten yang Anda buat untuk perusahaan dan sponsor lain
  • Jual barang dagangan yang terkait dengan video Anda
  • Rekrut pembayaran langsung dari penggemar dan pengikut Anda menggunakan aplikasi seperti Patreon
  • Siapkan kampanye crowdfunding

Berapa Biaya untuk Membuat Saluran Youtube di 2021?

Membuat saluran YouTube sepenuhnya gratis. Bagian yang bisa menjadi mahal adalah saat Anda mulai membuat konten untuk saluran Anda. Meskipun Anda menjalankan proses rendering video sederhana atau berbicara langsung ke webcam untuk melakukan review film, Anda masih memerlukan beberapa peralatan dasar.

 

Berikut adalah daftar apa yang Anda butuhkan untuk membantu kesuksesan saluran Anda:

  • Komputer dengan kamera web dan mikrofon
  • Smartphone atau kamera eksternal lainnya untuk merekam konten
  • Mengedit perangkat lunak yang membuat hidup Anda lebih mudah saat mengumpulkan klip video
  • Stasiun yang bersih dan dirancang dengan baik untuk bekerja dan merekam