Dimutakhirkan Jadi M 6,1, Gempa Pasaman Rusak Sejumlah Bangunan

Dimutakhirkan Jadi M 6,1, Gempa Pasaman Rusak Sejumlah Bangunan – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperbarui kekuatan gempa di Pasaman-Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan gempa di Pasaman, Sumatera Barat, berkekuatan 6,1 SR. Sebelumnya disebutkan gempa Pasaman berkekuatan 6,2 SR.

“Dampak kerusakan gempa Pasaman-Pasaman Barat M6,1 (update dari M6,2) pagi ini,” ujar Daryono dikutip dari akun Twitternya @DaryonoBMKG, Jumat (25/2/2022).

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo melanda Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Jumat (25/2/2022) pukul 08:39 WIB. Tidak hanya di tingkat nasional, dampaknya juga terasa di negara tetangga.

BMKG menyatakan, guncangan gempa Pasaman Barat dirasakan hingga Malaysia dan Singapura.

Sementara secara nasional, beberapa wilayah yang juga merasakan dampak gempa Pasaman Barat adalah sebagian Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Diantaranya Bukit Tinggi, Padang Panjang, Kota Padang, Payakumbuh, Aek Godang, Gunungsitoli, Pesisir Selatan, Rantau, Parapat, Nias Selatan, dan Bangkinang.

Gempa tersebut berpusat di 17 kilometer timur laut Pasaman Barat, 20 kilometer barat laut Pasaman Barat, 51 kilometer dari Agam dan 141 kilometer barat Padang. Sejauh ini, data BMKG menunjukkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

TRENDING:  Kenali Efektifitas Dan Jenis Vaksin Gotong Royong

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat mulai menerima laporan kerusakan rumah dan sekolah akibat gempa hari ini.

“Ada kerusakan di rumah-rumah warga dan di sekolah. Di perkirakan mencapai puluhan, tapi bisa saja nanti akan mencapai ratusan. Namun detail lokasi belum kita data secara rinci,” kata BPBD Pasaman, R Endra.

Dilansir dari haluanpadang.com, Endra menjelaskan, gempa yang melanda Pasaman pada pukul 08:35 WIB cukup kuat di dalam dan sekitar kawasan Pasaman.

“Yang paling terasa dan yang paling kuat itu di wilayah Padang Tujuah. Mungkin di sana yang banyak terjadi kerusakan karena pusat gempanya berada di situ,” katanya.

Namun untuk lebih jelasnya, BPBD Pasaman masih berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya. “Untuk informasi lebih lanjut nanti di kabari ya,” pungkasnya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Gempa Pasaman,Pasaman