beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pengendalian sosial

Sebutkan beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pengendalian sosial!

Pembahasan
Dibawah ini merupakan beberapa bentuk kontrol sosial diantaranya sebagai berikut:

  1. Pendidikan, hal ini dapat diberikan oleh orang tua dan tentu juga sekolah supaya anak atau peserta didik mengerti mengenai norma serta nilai yang berlaku di masyarakat.
  2. Agama, hal ini juga merupakan cara untuk dalam mengendalikan kehidupan sosial dengan melalui pendekatan rohani dengan mengajarkan hal-hal apa saja yang baik dan buruk menurut kitab suci.
  3. Teguran, hal ini juga tentu dapat dilakukan secara lisan ataupun juga tulisan untuk bisa memberikan kritik terhadap perbuatan seseorang yang melanggar aturan supaya tidak di lakukan lagi.
  4. Gosip, hal ini merupakan bentuk kontrol sosial dengan cara membicarakan kesalahan seseorang dari mulut ke mulut sehingga dapat membuat tiap individu yang dibicarakan itu menjadi merasa malu.
  5. Sanksi atau Hukuman, merupakan salah satu bentuk pengendalian sosial dengan memberikan sanksi atau juga hukuman kepada pelanggar aturan itu dengan secara langsung untuk memberikan efek jera.
  6. Intimidasi, merupakan sebuah bentuk kontrol sosial yang dilakukan dengan cara paksa kepada pihak yang melanggar aturan.
  7. Ostrasisme, merupakan bentuk dari kontrol sosial yang dilakukan dengan cara membiarkan pelaku pelanggaran itu tetap melakukan kesalahannya, namun masyarakat sekitarnya akan mengacuhkan atau juga tidak akan pernah berbicara dengan orang tersebut.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Pengendalian Sosial ,Sosiologi