Sumber : https://stackoverflow.com/questions/30990027/back-button-redirect-script

latar belakang ditetapkannya hari Kebangkitan Nasional

Jelaskan latar belakang ditetapkannya hari Kebangkitan Nasional!

Jawaban
Latar belakang ditetapkannya hari Kebangkitan Nasional tidak terlepas kondisi politik Indonesia yang memanas pada tahun 1948, sehingga Indonesia butuh persatuan dan kesatuan. Soekarno menetapkan tgl 20 Mei sebagai hari Kebangkitan Nasional yang merupakan hari lahirnya Organiasi Budi Utomo.

Pembahasan
Hari kebangkitan Nasional ditetapkan pada tanggal 20 Mei. Hari Kebangkitan Nasional sebagai tanda lahirnya kesadaran bangsa Indonesia untuk berjuang bersama-sama dalam mengusir penjajahan.

Hari Kebangkitan Nasional pertama kali ditetapkan oleh Soekarno tahun 1948 yakni tgl 20 Mei akibat kondisi politik Indonesia yang memanas pada saat itu terkait adanya perpecahan golongan, ideologi dan Belanda yang ingin mengembalikan kekuasaannya.

Tanggal 20 Mei dijadikan sebagai hari Kebangkitan Nasional karena tanggal lahirnya organisasi pertama yang menyuarakan nasionalisme yakni Budi Utomo, dianggap sebagai cikal bakal gerakan mencapai kemerdekaan Indonesia dan berdirinya Budi Utomo memicu munculnya organisasi yang lain di Indonesia.

Dengan demikian, latar belakang ditetapkannya hari Kebangkitan Nasional tidak terlepas kondisi politik Indonesia yang memanas pada tahun 1948, sehingga Indonesia butuh persatuan dan kesatuan. Soekarno menetapkan tgl 20 Mei sebagai hari Kebangkitan Nasional yang merupakan hari lahirnya Organiasi Budi Utomo.

TRENDING:  Sebuah batu bermassa 500 gram diikatkan dengan tali dan diputar

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Kebangkitan Nasional