Kasus Covid-19 Varian Omicron Meningkat, Kenali Ciri-ciri Gejalanya

Kasus Covid-19 Varian Omicron Meningkat, Kenali Ciri-ciri Gejalanya – Kasus penyebaran varian Covid-19 omicron di Indonesia akhir-akhir ini sedang naik daun. Varian Omicron ini diketahui pertama kali muncul di Afrika Selatan dan pertama kali muncul di Indonesia pada awal 2022. Meski varian omicon Covid-19 memiliki gejala yang lebih ringan dibandingkan varian Delta, ternyata omicon memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau seluruh masyarakat Indonesia mewaspadai varian baru ini. Berikut beberapa tanda dan gejala COVID-19 varian Omicron.

1. Sakit kepala berat
Sakit kepala adalah ciri umum yang dialami oleh pasien dengan varian Omicron. Sakit kepala karena varian omicron dapat berkisar dari sakit kepala ringan, sedang hingga berat. Kepala akan terasa berdenyut hingga tiga hari.

2. Kelelahan
Kelelahan terus-menerus ini disebabkan oleh varian omicron yang menyerang tubuh. Hal ini mengakibatkan penurunan kesehatan dan kondisi tubuh yang berpotensi tertular penyakit lain.

3. Batuk
Batuk menjadi ciri-ciri umum dari varian omicron. Biasanya penderita Omicron akan mengalami batuk kering dan batuk berdahak. Batuk yang merupakan gejala Omicron akan berlangsung kurang lebih empat sampai lima hari.

TRENDING:  Tetap Jagalah Kesehatan, Inilah Varian COVID-19 Yang Bikin Was-Was

4. Bersin
Bersin merupakan tanda paparan Omicron yang dapat terjadi pada orang yang telah divaksinasi. Namun, bersin tidak jarang disebabkan oleh masalah kesehatan lain seperti alergi atau pilek.

5. Demam
Demam adalah gejala selanjutnya dari Omicron. Orang yang sudah divaksinasi masih bisa terkena demam dari varian omicron ini. Demam biasanya muncul pada malam hari dan dapat mengganggu istirahat.

Dengan mengetahui ciri-ciri omicron, Anda dapat menerapkan berbagai cara agar tidak menularkannya kepada orang lain, seperti menggunakan masker, menjaga jarak kontak fisik minimal 1 meter, mencuci tangan secara rutin, menghindari ruangan yang berventilasi buruk, menghindari keramaian. dan mempraktekkan Social Distancing Vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan gejala umum varian Omicron yang terdeteksi sejauh ini adalah:

– Batuk kering dan tenggorokan gatal (89%)
– Lelah (65%)
– Hidung tersumbat (59%)
– Demam (38%)
– Mual (22%)
– Sesak napas atau kesulitan bernapas (16%)
– Diare (11%)

Meski gejala Covid-19 Omicron tergolong ringan, namun tingginya angka penularan menimbulkan kekhawatiran para ahli.

TRENDING:  Merasa Difitnah, Ferdinand Hutahaean Akan Lawan Sang Pelapor Dirinya

Untuk itu, para ahli tetap merekomendasikan penerapan protokol kesehatan yang ketat agar fasilitas kesehatan tidak kebanjiran pasien Covid.

Saat ini Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan percepatan vaksinasi untuk semua kalangan, terutama lansia.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Ciri-ciri Gejala Omicron