Sumber : https://stackoverflow.com/questions/30990027/back-button-redirect-script

Mengenal Batu Andesit, Berikut Kandungan hingga Kegunaannya

Mengenal Batu Andesit, Berikut Kandungan hingga Kegunaannya – Pembangunan tambang andesit di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah menjadi akar dari konflik yang terjadi saat ini antara warga dan polisi di pedesaan.

Beberapa petugas polisi dilaporkan telah mengunjungi kawasan Desa Wadas pada Selasa (8/2) pagi. Dikatakan, kedatangan rombongan polisi itu terkait dengan proses pengukuran pembangunan tambang andesit.

Melansir dari situs GeologySciene, andesit merupakan jenis batuan vulkanik. Nama andesit diambil dari nama pegunungan Andes, yaitu pegunungan yang membentang di sepanjang pantai barat Amerika Selatan.

Dengan kandungan silika menengah, andesit biasanya memiliki karakteristik warna abu-abu dan berbutir halus. Batuan andesit ini terbentuk ketika rongga yang ditinggalkan oleh gelembung gas di magma yang mengeras terisi.

Andesit meletus di gunung berapi dan umumnya ditemukan bersama dengan abu vulkanik dan tufa. Andesit terbentuk saat lava mendingin, sehingga batuan andesit tergolong batuan vulkanik.

Seperti batuan alam lainnya, batuan andesit kaya akan komposisi mineral. Andesit harus dipecah untuk melihat warna dan komposisi mineral dengan benar.

TRENDING:  Panduan Cara Cek BLT Subsidi Melalui bsu.kemnaker.go.id

Dirilis dari situs Geology.com, andesit kaya akan mineral plagioklas, feldspar, dan amphibole. Selain itu, batu andesit juga memiliki mineral kuarsa dan piroksen dalam jumlah sedikit.

Dirilis dari Geology.com, andesit adalah jenis batuan alami yang ditemukan di sebagian besar wilayah vulkanik di dunia. Andesit biasanya ditemukan di gunung berapi di atas batas lempeng konvergen antara lempeng benua dan samudera.

Sesuai dengan namanya, batu andesit banyak ditemukan di pegunungan Andes. Selain itu, batu andesit juga banyak ditemukan di pegunungan Cordillera di Amerika Utara dan Tengah.

Selain itu, beberapa daerah yang memiliki gunung api aktif juga menjadi asal batu andesit ini, antara lain:

  1. Gunung Popocatépetl di Meksiko
  2. Gunung Ngauruhoe di Selandia Baru
  3. Gunung Shasta dan Gunung Adams di Amerika Serikat
  4. Gunung Soufrière Saint Vincent dan Gunung Montagne Pelée di Karibia
  5. Gunung Krakatau di Indonesia
  6. Gunung Fuji dan Gunung Bandai-san di Jepang

Informasi soal apa itu batu andesit telah diketahui. Batu andesit memiliki berbagai kegunaan sebagai bahan bangunan.

TRENDING:  Perkiraan Besaran Gaji Karyawan Lazada Berbagai Posisi

Batu andesit umumnya digunakan sebagai bahan bangunan. Menurut laporan situs LIPI, batu andesit biasa digunakan sebagai bahan baku pondasi bangunan, agregat beton, ubin lantai dan dinding.

Berikut beberapa kegunaan batu andesit seperti dilansir situs GeologyScience:

  1. Bahan baku membuat ubin
  2. Bahan pengisi dalam konstruksi bangunan dan konstruksi jalan
  3. Digunakan dalam desain lanskap dan taman
  4. Digunakan dalam konstruksi patung dan monumen

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Andesit,Batu Andesit ,Desa Wadas