Hari Pers Nasional Dirayakan Tiap 9 Februari, Begini Sejarahnya

Hari Pers Nasional Dirayakan Tiap 9 Februari, Begini Sejarahnya – Hari Pers Nasional jatuh pada tanggal 9 Februari karena tanggal tersebut merupakan tanggal berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada tahun 1946 di Surakarta. PWI merupakan organisasi jurnalis pertama di Indonesia.

Hari Pers Nasional telah menjadi perayaan tahunan sejak tahun 1985. Hari Pers Nasional telah ditetapkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1985 dan ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985 Bagaimana Sejarah Hari Pers Nasional?

Perpres tersebut menyatakan bahwa pers Indonesia memiliki sejarah perjuangan dan peran penting dalam perkembangan pengamalan Pancasila. Melalui itu, dewan pers menetapkan Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahun di setiap ibu kota provinsi di Indonesia.

Sejarah Hari Pers Nasional 2022 tidak lepas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Pasalnya, tanggal peringatan Hari Pers Nasional bertepatan dengan berdirinya PWI. PWI didirikan pada tanggal 9 Februari 1946 di Surakarta, Jawa Tengah.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh beberapa wartawan dari berbagai media seperti surat kabar, majalah, wartawan dan pejuang dari seluruh Indonesia. Pembentukan PWI menjadi organisasi jurnalis pertama di Indonesia yang diketuai oleh Bapak Sumanang Surjowinoto dan Sekretaris Sudarjo Tjokrosisworo.

TRENDING:  Pertandingan PSS Sleman vs Persib, BRI Liga 1 Malam Ini

Dikutip dari situs Persatuan Wartawan Indonesia (pwi.or.id.), sulit bagi wartawan untuk tampil sebagai ujung tombak perjuangan Indonesia melawan kembalinya kolonialisme yang ingin menghancurkan NKRI dari Indonesia. Pejuang aspirasi wartawan Indonesia juga melahirkan SPS (Serikat Penerbitan Surat Kabar) pada tanggal 8 Juni 1946, tepat empat bulan setelah berdirinya PWI. Pada tahun 2011, Serikat Penerbit Surat Kabar berubah nama menjadi Serikat Perusahaan Pers pada peringatan 65 tahun SPS.

Peringatan Hari Pers Nasional 2022 akan digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara dengan tema “Sultra Jaya, Indonesia Maju”. Perayaan tersebut akan mengangkat tema kelestarian lingkungan. Diberitakan melalui website Persatuan Wartawan Indonesia, organisasi HPN bertujuan untuk menyuarakan kepentingan nasional, membahas isu-isu terkait pers nasional, dan berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Hari Pers Nasional ,Pers Nasional ,Sejarah Pers