Bulan Mulia dalam Islam, Ini Keutamaan dan Niat Puasa Rajab 2022

Bulan Mulia dalam Islam, Ini Keutamaan dan Niat Puasa Rajab 2022 – Bulan Rajab merupakan bulan yang mulia karena termasuk dalam bulan haram. Ada 4 bulan dalam penanggalan Islam yang tergolong bulan haram yaitu Muharram, Dzulqa’adah, Dzulhijjah dan Rajab.

Sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 36, pada bulan haram, umat Islam dilarang menganiaya diri sendiri. Tidak ada perang di bulan ini. Setiap dosa menerima hukuman yang besar. Sebaliknya, setiap perbuatan baik akan lebih dibalas lebih besar.

Salah satu peristiwa penting dalam Islam, yaitu Isra’ Miraj, terjadi di bulan Raja. Isra’ Miraj terjadi pada malam ke-27. Malam itu, Nabi Muhammad melakukan perjalanan ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Saat perintah sholat wajib diturunkan.

Dirilis dari NU Online, Senin 7 Februari, Rasulullah SAW juga bersabda bahwa bulan Rajab adalah bulannya Allah SWT, sedangkan bulan Sya’ban adalah bulan Nabi, sedangkan Ramadhan adalah bulannya umat Muhammad. Rasulullah juga menegaskan bahwa setiap muslim yang berpuasa satu hari di bulan Rajab semata-mata karena Allah, akan selalu diridhai Allah dan berjanji akan mendapatkan surga-Nya.

TRENDING:  Anies: 5 Hari Sekolah Tatap Muka Digelar, Tak Ada Temuan Kasus Baru Corona

Jika anda berniat memperbanyak amalan di bulan rajab melalui puasa, berikut ini adalah bacaan niat puasa rajab yang mudah dihafal:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Rajaba sunnatan lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: Aku berniat puasa Rajab, sunnah karena Allah Taala.

Apabila nanti malam terlupa untuk mengucapkan bacaan niat puasa Rajab, dapat membaca pada pagi hari sebelum zuhur tiba, yaitu

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا الْيَوْمِ عَنْ أَدَاءِ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i syahri rajaba lillâhi ta’âlâ.

Artinya: Aku berniat puasa sunnah bulan Rajab hari ini, sunnah karena Allah Taala.

Perlu diketahui, ada banyak keutamaan yang bisa Anda dapatkan jika menjalankan puasa Rajab.

Keutamaan puasa di bulan Rajab adalah pengampunan dosa oleh Allah SWT. Allah Maha Pengampun, tapi ampunan dosa di bulan Rajab paling mujarab. Sebagaimana disebutkan dalam salah satu hadits:

Nabi Muhammad SAW bersabda: Bulan Rajab adalah bulan permohonan pengampunan bagi umatku, maka hendaklah mereka memperbanyak istighfar di dalamnya. Yakni: Astaghfirullaha Wa Atuubu Ilaihi (Aku mohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya).

TRENDING:  Indosat Resmi Merger Dengan Tri, Berdampak Baik Untuk Pelanggan

Setiap muslim yang menunaikan puasa Rajab akan mendapatkan kemuliaan di sisi Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang artinya:

Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda : Sesungguhnya di Surga ada suatu sungai bernama Rajab, warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa berpuasa sehari dalam bulan Rajab, maka akan diberi minum oleh Allah dari sungai itu. (HR. Bukhori dan Muslim).

Di bulan yang penuh rahmat ini, sangat dianjurkan agar umat Islam memperbanyak dzikir dan doa di waktu yang mulia agar doa yang dipanjatkan lebih mudah diterima Allah, jika yang diinginkan benar-benar takdir dan kehendak Allah.

Ketika Rasulullah pernah ditanya, Berpuasa pada bulan apakah yang lebih baik selain bulan Ramadan? Beliau menjawab: Berpuasalah pada bulan Allah, yakni bulan yang tuli. Dalam riwayat lain dikatakan bulan yang melimpah.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Bulan Rajab,Niat Puasa Rajab ,Niat Puasa Rajab 2022