Umay Shahab, Artis Cilik yang Kini Debut Jadi Sutradara Film

Umay Shahab, Artis Cilik yang Kini Debut Jadi Sutradara Film – Nama Umay Shahab memang sudah tidak asing lagi di dunia hiburan. Tingkahnya di industri hiburan tanah air tak perlu dipertanyakan lagi. Dari membintangi film pendek, film layar lebar, sinetron, web series, hingga membuat dan menyanyikan album musik, Umay lalui.

Sebenarnya, Umay Shahab memulai debut showbiz-nya sebagai artis cilik saat berusia 5 tahun. Saat itu, Umay berperan sebagai Pandu dalam sinetron Wulan.

Baru-baru ini, aktor bernama asli Muhammad Arfiza Shahab itu ramai dibicarakan berkat debut penyutradaraannya dalam film layar lebar berjudul “Kukira Kau Rumah” yang tayang di bioskop mulai 3 Februari mendatang. Padahal usianya baru 20 tahun.

Umay lahir pada tanggal 16 Februari 2001 di Jakarta Timur. Ia melebarkan sayapnya dalam dunia hiburan sebagai sutradara film Kukira Kau Rumah. Ia berasal dari keluarga Alawiyyin, keturunan Arab Hadhrami dengan nama keluarga Aal Shihb-Uddn.

Ayahnya, Said Hanafi Shahab, adalah seorang pegawai swasta, sedangkan ibunda Umay Shahab adalah seorang Betawi bernama Yahni Dahmayanti. Umay memiliki seorang adik laki-laki bernama Raffi Shahab.

TRENDING:  Prestasi hingga Kekayaan Ardhito Pramono yang Terjerat Kasus Narkoba

Pria bernama panjang Muhammad Arfiza Shahab ini awalnya ingin dipanggil Umar. Namun, karena begitu banyak orang yang menggunakan nama itu, ibunya memutuskan untuk mengubah pengucapan dari Umar menjadi Umay.

Meski Umay pada akhirnya tidak menjadi nama resmi, ia tetap menggunakan nama itu sebagai nama panggilan dan nama panggung sejak ia masih kecil.

Setelah debut sebagai Pandu, pada tahun 2007 Umay Shahab mulai dikenal setelah memerankan Bobby dalam sinetron Eneng dan Kaos Kaki Ajaib.

Setelah itu, namanya mulai dikenal luas di dunia hiburan dan membintangi beberapa sinetron seperti Upik Abu dan Laura, Isabella dan Cahaya.

Pada tahun 2009, Umay mencoba peruntungannya di dunia tarik suara dengan album berjudul Umay yang dijual di KFC. Album ini berdasarkan lagu “SKJ” yang merupakan adaptasi dari lagu “Lupa-lupa Ingat” milik Kuburan Band.

Album ini dianggap sukses karena terjual lebih dari 250.000 eksemplar dan meraih triple platinum.

Karir di balik layar sebagai sutradara dimulai ketika ia berpartisipasi dalam film pendek Cinta di Balik Awan pada tahun 2016.

TRENDING:  Isyana Sarasvati Malu Saat Satu Proyek Bareng Nicholas Saputra

Setelah itu, pada tahun 2019, Umay Shahab juga menjadi sutradara dan penulis untuk web series Menggapai Awan.

Tahun ini, pada 3 Februari, film yang ia produksi bersama Prilly Latuconsina, Kukira Kau Rumah, dirilis. Berbicara tentang kesehatan mental, yang jarang diangkat di Indonesia, ini adalah film layar lebar pertamanya yang ia sutradarai.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Profil Umay Shahab