Seragam Baru Satpam Dikenalkan 2 Februari, Warganet: Mirip Polisi India

Seragam Baru Satpam Dikenalkan 2 Februari, Warganet: Mirip Polisi India – Mabes Polri akan menghadirkan seragam baru bagi personel baru Satuan Pengamanan (Satpam) pada 2 Februari mendatang. Penyerahan seragam baru tersebut dilakukan saat perayaan ulang tahun satpam.

Seragam satpam awalnya berwarna biru. Tahun lalu seragam diubah menjadi coklat muda. Warna seragam unit kini telah diubah menjadi krem.

“Warna seragam baru Satpam 2022. Kalau krem jadi Polisi India,” tulis @arifluqmanngaji di Twitter, Senin (30/1).

“Bener kan, seragam baru satpam mirip polisi india,” cuit akun @Gilang_Mahesa.

Seorang netizen mengatakan bahwa mengganti seragam satpam menjadi krem ​​membuat tampilan unit menjadi kurang enak dipandang. Ia menyayangkan keputusan Polri yang mengubah warna seragam dari putih-biru.

“Udah paling bener tuh yang seragam atasannya putih itu. Kaya lebih berwibawa dan enak dilihat kok. Kalo liat yang coklat langsung gemeter dikira polisi. Yang ini kayak satpam india. Kayak kurang sreg aja gitu,” cuit akun @lavanyatips.

Netizen lain bercanda bahwa perubahan warna seharusnya tidak mengubah karakter satpam seperti polisi di India. Sebaliknya, ia menyarankan agar seragam satpam diganti dengan pakaian adat.

TRENDING:  Gempa Terkini di Banten M 5.1, Terasa di Jakarta dan Sekitarnya

“Janganlah pakai seragam polisi india bisa-bisa karakternya sama dengan aslinya ndak boleh lihat taman dan suara gendang pasti berlari-lari ria dan berjoged ria-ria. Ya bila punya saran dipakaikan baju adat saja,” cuit akun @ro40097553.

Sementara itu, salah satu pengguna internet menyatakan setuju dengan perubahan warna baru seragam satpam. Menurut akun John Gleewoe, perubahan ini justru bisa menakuti para pelanggar protokol kesehatan (prokes) ketika pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diberlakukan.

“Gue setuju kalo warga seragam satpam dimiripin sama polisi india. Apalagi kalo ntar PPKM Level 4 diberlakukan lagi. Akan tampak lebih garang ketik abantu aparat untuk menertibkan pelanggar prokes,” cuit akun @John_Gleewoe.

Sebagai informasi, Kepala Kantor Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, perubahan warna seragam satpam itu mengikuti respon masyarakat yang bingung dengan warna seragam. mirip dengan Personil Korps Bhayangkara.

“Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam,” jelas Ahmad.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, pengenalan warna seragam satpam yang semula dijadwalkan Senin (31/1), terpaksa ditunda hingga Rabu (2/2) besok.

TRENDING:  Kemenag Pastikan Menteri Yaqut Tak Kenal Pendeta Saifuddin Ibrahim

“Acara HUT Satpam diundur tanggal 2 (Februari). Besok pas upacara HUT Satpam baru diperkenalkan warna krem baju seragam Satpam yang baru,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Senin (31/1).

“Dan akan diberlakukan setelah revisi Perpol No 2 tahun 2020 tentang Pamswakarsa selesai. Akan diberi masa tenggang waktu pemberlakuannya sekitar setahun, sejak disahkan Perpol selesai direvisi,” paparnya.

Menurut Ahmad, perubahan warna seragam diperlukan agar satpam memiliki identitas yang berbeda dengan polisi.

“Perlunya identitas sendiri agar tidak terjadi kebingungan warga masyarakat terhadap Polri dan satpam. Namun, satpam tetap memiliki kebanggaan dengan seragam barunya,” pungkas dia.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Seragam Satpam Baru ,Polisi India