Nocebo, Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Dipicu Sugesti

Nocebo, Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Dipicu Sugesti – Beberapa orang mengalami efek samping setelah vaksin COVID-19, mulai dari yang ringan, seperti lengan yang pegal, hingga yang lebih serius, seperti demam. Para ahli mengatakan efek samping ini bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh mulai bekerja, mengenali unsur asing yang diperkenalkan oleh vaksin.

Namun, sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open mengungkapkan bahwa hampir dua pertiga dari KIPI ini mungkin disebabkan oleh diri sendiri, yang oleh para peneliti disebut efek Nocebo.

Studi ini menemukan bahwa efek nocebo menyumbang sekitar 76 persen dari semua reaksi merugikan yang umum terjadi setelah dosis pertama vaksin dan hampir 52 persen setelah dosis kedua. Nocebo adalah perasaan tidak nyaman yang terjadi setelah menerima perawatan. Hal ini disebabkan oleh persepsi negatif yang dipikirkan seseorang.

Dari temuan tersebut, ditemukan bahwa adanya efek samping ringan, seperti sakit kepala, kelelahan jangka pendek, dan nyeri lengan, bukan disebabkan oleh kandungan vaksin, melainkan karena faktor lain yang diyakini dapat menimbulkan efek samping. respon nocebo.

TRENDING:  Hari Ini Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Bisa Dilintasi, Berapa Tarifnya?

Vaksin memiliki efek samping yang mirip dengan efek placebo,” kata Ted Kaptchuk, peneliti senior serta profesor kesehatan global dan pengobatan sosial di Harvard Medical School.

Mengenai efek samping yang dapat menyebabkan kesalahpahaman ini, Kaptchuk berpendapat bahwa informasi tentang efek samping harus dijelaskan dengan jelas.

“Sebagian besar peneliti berpendapat, pasien harus diberi informasi tentang efek samping yang minim demi mengurangi kecemasan,” kata dia.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Efek Samping Vaksin COVID