Akibat Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Jakarta Terkepung Banjir

Akibat Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Jakarta Terkepung Banjir – Hujan deras yang mengguyur Jakarta menyebabkan beberapa ruas jalan di Jakarta tergenang air. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia mewaspadai cuaca ekstrem pada 17-22 Januari 2022. Ada kemungkinan cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang, dan cuaca ekstrem.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Mohamad Insaf mengatakan, 10 RT di ibu kota terendam banjir akibat hujan deras pada Selasa pagi (18/1/2022).

“Informasi genangan saat ini ada 10 RT atau 0,033 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta,” kata Insaf dalam keterangan tertulis.

Selain itu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) mencatat beberapa wilayah di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat terendam air akibat hujan deras.

“Ruas jalan di Jakarta Pusat yang terendam antara lain Jalan Letjen Suprapto, Jalan Gunung Sahari, Jalan Kemayoran dan Jalan Kartini Raya,” ujar Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat Kompol Purwanta saat dihubungi, Selasa (18/1/2022).

Dikatakannya, 10 RT tersebut tersebar di berbagai wilayah di Jakarta Barat. Ketinggian air banjir juga bervariasi.

“Informasi genangan saat ini ada 10 RT atau 0,033 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta,” kata Insaf dalam keterangan tertulis.

TRENDING:  Soal Toleransi, Ini Hukum Muslim Mengucapkan Selamat Natal

Berikut daftar wilayah di Jakarta Barat yang tergenang:
Kelurahan Rawa Buaya
Ketinggian : 60 cm dengan jumlah 1 RT
Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Kelurahan Kapuk
Ketinggian : 40 cm dengan jumlah 1 RT
Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Kelurahan Cengkareng Timur
Ketinggian : 40 cm dengan jumlah 1 RT
Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Kelurahan Pegadungan
Ketinggian : 60 cm dengan jumlah 2 RT
Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Kelurahan Kamal
Ketinggian : 45 cm dengan jumlah 3 RT
Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Kelurahan Semanan
Ketinggian : 60 cm dengan jumlah 1 RT
Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Kelurahan Tegal Alur
Ketinggian : 50 cm dengan jumlah 1 RT
Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Selain itu, kata Insaf, beberapa ruas jalan juga tergenang air. Salah satunya di Jalan Bangun Nusa 2, Desa Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

“Ketinggian : 50 sampai dengan 60 cm. Kondisi genangan sedang ditangani oleh Pihak Kelurahan Setempat Bersama PPSU, Tim TRC BPBD, DSDA, Satpol PP, Tagana & Disgulkarmat,” jelas dia.

Hujan yang mengguyur berbagai wilayah di Jakarta sejak Senin (18/1/2022) pagi tadi menyebabkan beberapa wilayah terendam banjir. Salah satunya di Jalan Bungur Besar Raya, depan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

Berdasarkan pantauan di lapangan, sekitar pukul 14.20 WIB, banjir setinggi 50 cm juga melanda dua ruas Jalan Bungur Besar Raya, baik menuju Pasar Senen maupun menuju Kemayoran, Jakarta Pusat.

TRENDING:  Apa Benar Minum kopi Kurangi Risiko Terpapar Covid-19? Ini Kata Ahli

Akibatnya arus lalu lintas di Jalan Bungur Besar Raya tersendat karena kendaraan yang melintas harus memperlambat laju kendaraan. Bahkan beberapa kendaraan yang menerobos banjir, terutama sepeda motor, tidak mogok.

Terlihat beberapa pengendara sepeda motor yang nekat memecahkan genangan air harus mendorong sepeda motornya, karena mesin kendaraan terendam banjir.

Beberapa warga tampak menawarkan jasanya untuk membantu mendorong kendaraan yang mogok akibat genangan air.

Namun sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat tetap berjalan seperti biasa dan tidak ada gangguan berarti akibat banjir yang menggenangi Jalan Bungur Besar Raya.

Dikumpulkan di lokasi kejadian, Ramdani, petugas keamanan dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, mengatakan air mulai menggenangi jalan tersebut sejak pukul 11.00 WIB.

“Hujan dari pagi, kurang lebih sedengkul lutut dewasa lah ya ini ketinggiannya,” kata Ramdani.

Ramdani mengatakan genangan air yang menggenangi Jalan Bungur Besar Raya mulai dari perempatan Arah Pancoran, naik ke badan jalan sebelum masuk kawasan Jalan Pasar Senen.

Sementara itu, kata Ramdani, mundurnya genangan air bergantung pada intensitas hujan. Menurut dia, air biasanya surut setelah satu atau dua jam sejak hujan berhenti.

“Kawasan ini kalau banjir tergantung intensitas hujannya. Lalu, surutnya biasanya cepat satu sampai dua jam lah sudah surut nanti,” ujarnya.

TRENDING:  Tambah Jadi 100 Titik, Ini Jadwal Dan Penyekatan Jalan di Jakarta Sekitar

Satuan Lalu Lintas mencatat beberapa wilayah di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat terendam air.

Kepala Lalu Lintas Wilayah Jakarta Pusat Kompol Purwanta menjelaskan, ruas jalan di Jakarta Pusat

“Itu ketinggian air 30 cm sampai 70 cm,” kata Purwanta saat dihubungi, Selasa (18/1/2022).

Dia menjelaskan, personel telah dikerahkan ke titik genangan guna mengatur arus lalu lintas demi menghindari kepadatan.

Namun, dia menyebut sejauh ini situasi di titik-titik jalan yang tergenang masih bisa dilalui.

“Karena yang kebanjiran itu rata-rata jalur lambat. Sementara jalur cepat masih bisa dipakai. Ini kami siagakan petugas. Saat ini arus lalin sudah mulai normal karena genangan mulai surut,” tandas Purwanta soal banjir Jakarta.

Sementara itu, Kasat Lantas Wilayah Jakarta Barat Kompol Wayan menjelaskan ruas jalan yang tergenang di wilayah Jakarta Barat mulai surut.

“Sudah surut, tinggal sekitaran pintu air 10 sentimete sampai 20 sentimeter,” uhar dia.

Wayan mengatakan, ruas jalan di sekitaran Cengkareng Arah Bandara Soekarno Hatta terpantau ramai lancar. Meski tergenang, Wayan menyebut kendaraan itu masih bisa dilalui.

“Bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda 4 lalin masih meriah sudah diupayakan pengaturan-pengaturan,” tandas dia.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Jakarta ,Banjir ,Banjir Jakarta