Ahmad Sahroni Suarakan Keadilan Terkait Kasus Ujaran Kebencian

Ahmad Sahroni Suarakan Keadilan Terkait Kasus Ujaran Kebencian – Politikus dan tokoh masyarakat Ahmad Sahroni angkat bicara soal keadilan terkait kasus Habib Bahar bin Smith dan Husin Alwi Shihab.

Bahar bin Smith kini resmi menjadi tersangka dan Ketua Cyber ​​Indonesia Husin Shihab atau Husin Alwi ditetapkan sebagai tersangka di Polres Bogor.

Ahmad Sahroni menyambut baik proses hukum cepat Polda Jabar atas kasus dugaan ujaran kebencian yang mengandung unsur suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dengan tersangka Bahar Smith.

“Tindakan polisi untuk cepat memproses menurut saya sudah tepat. Toh buktinya sudah lengkap dan jelas, buat apa di tunda-tunda lagi?,” kata Sahroni, Senin (3/1/2022).

Sahroni mengatakan kasus terkait SARA dan ujaran kebencian bukanlah kasus biasa. Padahal, kata Sahroni, kasus ujaran kebencian dan SARA berpotensi memecah belah bangsa jika dibiarkan.

Selain itu, aksi tersebut dilakukan oleh seseorang yang dikenal luas masyarakat. Namun, Sahroni meminta polisi bersikap adil dalam proses penegakan hukum.

Politisi Partai Nasdem itu meminta polisi tidak melakukan diskriminasi dalam penanganan kasus, termasuk kasus yang dilaporkan Bahar terhadap Husin Shihab atau Husin Alwi.

TRENDING:  3 Fakta Hwang Jae Gyun, Atlet Baseball yang Akan Nikahi Jiyeon T-ARA

“Semua pada prinsipnya sama, semua wajib cepat. Jangan beda-bedakan orang siapa pun. Di mata hukum, semua sama,” kata Sahroni.

Untuk itu, Sahroni menyatakan akan memantau perkembangan proses penanganan kasus yang menyeret Bahar Smith dan Husin Shihab.

Sahroni meyakini Polri akan menangani dua laporan tersebut secara profesional. “Saya monitor perkembangan kasus tersebut. Saya yakin Polri profesional dan transparan,” katanya.

Husin Shihab diketahui telah dilaporkan ke Polres Bogor oleh seorang pria bernama Ali Ridho pada Selasa (28/12/2021). Hal itu terkait dengan buntut laporannya terhadap Bahar bin Smith.

Husin dilaporkan karena diyakini menyebarkan hoax terhadap pernyataan Bahar Smith. Dimana Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurahman, pernah disinggung.

Laporan terhadap Husin diterima Polres Bogor dengan nomor laporan STPP/11/XII/2021/Reskrim. Ali Ridho mencela Husin Shihab atas dugaan melanggar pasal 14 dan pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP dan pasal 220 KUHP.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Ahmad Sahroni ,Husin Alwi ,Husin Shihab