BBM Pertalite dan Premium Dihapus Bertahap, Ini Alasannya

BBM Pertalite dan Premium Dihapus Bertahap, Ini Alasannya – Penghapusan BBM Premium diperkirakan akan dimulai pekan depan. Pasalnya, pemerintah akan melakukan masa transisi yang memungkinkan bahan bakar RON 90 yang digunakan sebagai bahan bakar menjadi green fuel.

Salah satu alasan penghapusan ini adalah kesadaran masyarakat akan penggunaan bahan bakar yang lebih berkualitas. Oleh karena itu, BBM jenis Premium dan Pertalite perlahan mulai ditinggalkan.

Selain itu, Pertalite juga akan dihapus setelah masa transisi berakhir.

Dengan dihapuskannya Pertalite dan BBM Premium, hanya akan ada bensin dengan kadar oktan (Research Octane Number/RON) di atas 91 yang dinilai lebih ramah lingkungan seperti Pertamax.

“Kita memasuki masa transisi di mana premium RON 88 akan digantikan dengan Pertalite RON 90, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan,” kata Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih dikutip dari Antara, Kamis (23/12/2021).

“Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana Pertalite harus dry, harus shifting dari Pertalite ke Pertamax,” ujarnya.

Pemerintah akan berusaha mengurangi gejolak yang muncul di masyarakat terkait proses peralihan dari Pertalite ke Pertamax.

Untuk menghindari keresahan di masyarakat terkait proses transisi, pemerintah telah menyiapkan peta jalan untuk bahan bakar minyak ramah lingkungan.

Dikutip Kontan, PT Pertamina (Persero) memiliki strategi jangka panjang untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) non ekologi, dalam hal ini BBM jenis RON atau Bensin Premium dan bahan bakar jenis RON atau Pertalite 90.

Merujuk data paparan Pertamina dari rapat kerja dengan DPR yang diterima Kontan, ada tiga langkah yang akan dilakukan Pertamina untuk pelan-pelan menghapus penggunaan BBM Premium dan Pertalite.

Pemerintah beralasan konsumsi bensin jenis Premium dan Pertalite terus meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut data yang dipublikasikan Pertamina, konsumsi BBM Premium tahun 2018 secara nasional mencapai 31,3 persen dari konsumsi BBM nasional.

Angka ini meningkat menjadi 33,3 persen dari penggunaan nasional pada 2019.

Sementara itu, konsumsi bensin Pertalite juga meningkat dari 52,4 persen pada 2018 menjadi 56,3 persen pada 2019 secara nasional.

Adapun tingkat oktan di bawah 91 atau yang termasuk dalam standar euro 2 saat ini adalah Premium dan Pertalite.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

BBM ,Pertalite ,Pertalite Dihapus,Premium