Kini Facebook Resmi Mengganti Nama Menjadi Meta

Kini Facebook Resmi Mengganti Nama Menjadi Meta – Kini Facebook resmi ganti nama menjadi Meta. Di masa yang akan datang, Meta akan berfokus pada sebuah platform dengan teknologi Virtual Reality (VR) & Augmented Reality (AR) yang membantu menghubungkan semua penggunanya dan mengembangkan bisnis.

Beberapa waktu lalu santer terdengar bahwa Facebook akan berganti nama. Kabar terbarunya, Facebook resmi mengumumkan nama barunya yakni Meta mulai hari ini (29/10/2021).

Berbicara tentang Meta, penggunaan nama ini juga memiliki arti bagi perusahaan tersebut. Meta dapat diartikan sebagai beyond atau melampaui.

Bab baru berikutnya merupakan masa depan yang dibuat oleh kita semua yang akan membawa kita melampaui apa yang dimungkinkan oleh koneksi digital saat ini, melampaui batasan layar, batasan jarak, dan bahkan fisika.

Bagi perusahaan yang dulunya Facebook ini, Meta adalah pengingat bahwa selalu ada lebih banyak hal untuk dibangun.

Meta, nama baru dari perusahaan Facebook

Bukan hanya nama, Meta juga digambarkan dalam sebuah simbol 3D (tiga diimensi) yang membentuk huruf M. Simbol 3D tersebut akan menyerupai M untuk Meta apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

TRENDING:  Ini Penyebab WhatsApp, Instagram, Facebook Down Bersamaan Lama Sekali

Terkadang simbol tersebut juga merupakan simbol tak terhingga yang melambangkan cakrawala tak terbatas di metaverse.

Dalam sebuah acara Connect 2021, CEO Facebook, yakni Mark Zuckerberg memperkenalkan Meta, nama baru dari perusahaan tersebut yang menyatukan aplikasi dan teknologi. Fokus dari Meta sendiri adalah menghidupkan metaverse dan membantu orang terhubung, menemukan komunitas, dan mengembangkan bisnis.

Metaverse akan memberikan pengalaman yang beragam dalam sebuah media sosial online seperti saat ini yang diperluas menjadi tiga dimensi (3D) atau diproyeksikan ke dunia fisik. Dengan demikian, pengguna dapat berbagi pengalaman yang lebih mendalam dengan orang lain, bahkan ketika Anda tidak bersama dan melakukan kegiatan di dunia nyata.

Zuckerberg juga menambahkan bahwa ini merupakan evolusi berikutnya dalam garis panjang dari teknologi sosial, dan mengantarkan babak baru bagi perusahaan yang telah beridir sejak tahun 2004 lalu.

Di dalam metaverse, pengguna dapat melakukan hampir semua hal yang dibayangkan, seperti berkumpul dengan teman dan keluarga, bekerja, belajar, bermain, berbelanja, berkreasi, serta pengalaman yang benar-benar baru.

TRENDING:  Sambut Malam Tahun Baru 2022, Google Doodle Tampil Meriah

Mark Zuckerberg juga menggambarkan bahwa di dalam metaverse, pengguna dapat berteleportasi secara instan sebagai hologram untuk berada di kantor tanpa bepergian, di konser dengan teman, atau di ruang tamu bersama keluarga.

Tidak hanya itu saja, Meta juga secara eksplisit menyerukan perlunya mendukung cryptocurrency dan NFT.

Untuk mendapatkan pengalaman itu semua, tentu saja pengguna membutuhkan sebuah perangkat tambahan Virtual Reality (VR). Alat tersebut seperti headset yang diletakan di kepala dan menutup hampir setengah bagian wajah.

Facebook sendiri juga memiliki perangkat VR mereka sendiri, yakni Oculus.

Arti The Blue Infinity

Dalam Emojipedia, The Blue Infinity diartikan sebagai simbol sesuatu yang tak terhingga, tertutup dalam lingkaran atau persegi, yang semuanya berwarna biru.

Mulanya, infinity dikodekan sebagai simbol untuk mewakili kertas bebas asam, tanda kertas permanen ini kemudian diberikan presentasi emoji untuk membentuk emoji tanpa batas.

Infinity telah disetujui sebagai bagian dari Unicode 4.1 pada 2005 dengan nama “Permanent Paper Sign” dan ditambahkan ke Emoji 11.0 pada 2018.

TRENDING:  Instagram Stories Siapkan Fitur Baru Stiker Berbalas Konten

Jika diartikan sebagai simbol atas sesuatu yang terhingga, hal itu seiring arti kata Meta yang dipilih Zuckerberg sebagai nama baru perusahaannya menggantikan Facebook.

Dilansir The Verge, logo baru itu menunjukkan seberapa besar perubahan yang coba dilakukan Facebook ke Meta.

“Saya dulu belajar klasik, dan kata ‘meta’ berasal dari kata Yunani yang berarti ‘melampaui’. Bagi saya, itu melambangkan bahwa selalu ada lebih banyak hal untuk dibangun, dan selalu ada bab selanjutnya dari sebuah cerita,” ucap Zuckerberg dilansir The Verge.