7 Lokasi Penyekatan Ganjil Genap 24 Jam Berlaku di Kawasan Puncak

TEKNOMUDA.COM – Penerapan ganjil genap untuk memasuki kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat resmi diuji coba mulai Jumat (3/9).

Diberlakukannya penerapan ganjil genap ini, merupakan tindak lanjut dari terjadinya kemacetan di kawasan puncak pada akhir pekan lalu yang mencapai 5 kilometer.

Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin mengatakan, kabar soal macet ini sampai ke pemerintah pusat, dan meminta kami untuk segera mencari solusinya, agar tidak terulang kembali.

“Ketika ada pelonggaran biasanya masyarakat menganggapnya apapun sudah diperbolehkan, sehingga akhirnya masyarakat ramai-ramai mengunjungi kawasan Puncak,” ucapnya seperti dikutip dari Korlantas Polri.

Berlaku 24 jam untuk mobil dan motor

Dalam penerapannya, ganjil genap di kawasan puncak ini akan berlaku setiap akhir pekan, mulai Jumat, Sabtu, Minggu dan berlaku selama 24 jam. Adapun aturan ini, tidak hanya berlaku untuk kendaraan roda empat namun juga roda dua.

“Uji coba ini rencananya dilakukan selama dua pekan, yakni setiap weekend atau hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Kalau memang hasilnya mengarah kepada kebaikan, tentunya akan kita buat payung hukumnya,” jelas Ade.

TRENDING:  Dimutakhirkan Jadi M 6,1, Gempa Pasaman Rusak Sejumlah Bangunan

Ada 7 Lokasi Penyekatan

Sementara itu, Kapolres Bogor, AKBP Harun mengatakan dalam mendukung kebijakan ganjil genap di kawasan puncak tersebut, pihaknya telah menyiapkan 7 lokasi penyekatan.

Pada 7 lokasi ini, nantinya kendaraan yang memiliki pelat nomor tidak sesuai atau tidak termasuk dalam kategori pengecualian akan diminta putar balik. Berikut 7 lokasi tersebut.

– Gerbang Tol Ciawi

– Simpang Gadog

– Rainbow Hills

– Pos Cibanon

– Pos Bendungan

– Kawasan Sentul

– Kawasan Sentul.