Bahasa Indonesia

Soal (Isian) Bab Teks Berita

By Juli 27, 2020 No Comments
Latihan Soal (Isian) Teks Berita
  1. Tata bahasa yang tepat untuk menulis teks berita adalah …
  2. Idealnya, dalam kondisi demokratis, kontestasi politik memerlukan minimal dua pasangan calon yang bertarung dalam berkompetisi di pemilihan umum. Jika itu tidak terjadi, langkah tegas pengunduran jadwal pilkada serentak itu harus dilakukan KPU. Pasalnya, KPU dihadapkan pada jadwal yang padat untuk menyelenggarakan pilkada serentak, mulai dari persiapan, distribusi logistik, hingga pelaksanaan pada 9 Desember 2015 mendatang.
    Hasil interprestasi, hal yang menyebabkan KPU mengundur pilkada serentak adalah ….
  3. Fatwa MUI yang berkaitan dengan narkoba sudah disosialisasikan ke media massa.
    Arti kata fatwa pada teks di atas bermakna, kecuali ….
  4. Di antara kalimat berita berikut yang memuat unsur siapa adalah ….
  5. Berita bersifat terkini dan sedang hangat dibicarakan masyarakat.
  6. Seorang siswa membaca headline sebuah berita dengan judul “KPU Tak Punya Mekanisme untuk Meminimalisasi Calon Boneka di Pilkada”. 
    Maksud ungkapan calon boneka pada headline tersebut adalah .…
  7. Perhatikan teks berita berikut!
    Banjir susulan menambah derita warga yang tinggal di sekitar bantaran Kali Ciliwung (1) Ini akibat hujan masih terus mengguyur kawasan Bogor (2) Akhir-akhir ini menjadikan harga air bersih terus naik (3) Bahkan, hujan deras yang terjadi di Selatan Jakarta itu membuat ketinggian air di pintu air Katulampa meningkat (4) Ketinggian air mencapai 180 cm dari batas normal 150 cm (5)
    Dalam teks berita di atas, kalimat yang tidak koheren (tidak berhubungan) dengan topik berita adalah ….
  8. Pemutaran perdana film Surga yang Tak Dirindukan (SYTD) pada 15 Juli 2015 di beberapa kota besar di Indonesia terbilang cukup sukses. Film yang dibintangi Laudya Cynthia Bella, Fedi Nuril, dan Raline Shah ini menarik animo masyarakat untuk menonton. Kuntz Agus menjadi sutradara film ini. Film SYTD ini merupakan hasil adaptasi dari novel karya Asma Nadia yang berjudul sama. Asma Nadia saat ini tengah menulis buku baru.
    Kalimat yang rancu dan tidak koheren dalam paragraf di atas adalah …
  9. Pendaki muda yang hilang kontak sejak hari Sabtu (25/7/2015) telah ditemukan Tim SAR gabungan dari Basarnas dan Relawan Anak Gunung Lawu. Dari pesan singkat yang diterima, lima remaja dan dua anak pendaki itu disebutkan ditemukan pada pukul 16.22 WIB dalam kondisi sehat.Interpretasi yang sesuai dengan teks berita di atas adalah .…
  10. Kunjungan Presiden AS, Barack Obama, ke Kenya pekan lalu diakui oleh Kepala Kepolisian Kenya sebagai “mimpi buruk” bagi aparat keamanan. Akan tetapi, kesuksesan mengamankan kunjungan orang nomor satu di AS itu tanpa insiden berarti menjadi asam garam dalam sistem keamanan negara dan bisa menanamkan pengaruh positif dalam meningkatkan kepercayaan diri negeri tersebut.
    Kata / kelompok kata yang berdenotasi pada teks di atas adalah .…
  11. Musim kemarau yang cukup panjang tahun ini mulai membawa dampak. Para peternak sapi potong mulai resah karena kesulitan untuk memperoleh rumput. Rumput sulit didapatkan karena kekurangan air yang menyebabkan rumput meranggas. Kekurangan ladang rumput tersebut menjadi penyebab minimnya jumlah populasi sapi potong di Jawa Tengah.
    Unsur what (apa) yang disampaikan dalam teks berita di atas adalah ….
  12. Para buruh memenuhi halaman parkir pabrik. Para buruh itu menuntut pembayaran tunjangan hari raya yang belum juga cair. Mereka berkumpul sejak pukul 07.00 WIB. Mereka kesal karena hanya diberi janji oleh pihak manajer.
    Unsur berita yang terdapat dalam teks berita di atas secara berurutan adalah ….
  13. Seseorang akan membuat pengantar dari berita yang ia tulis. Headline yang sudah ditentukan sebagai berikut.
    Siswa Indonesia kembali menjadi bintang di Olimpiade Sains.
    Pengantar yang tidak koheren dengan headline adalah ….
  14. Ramos Horta, Mantan Presiden Timor Leste, meyakini bahwa Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mampu mengatasi konflik yang terjadi di Papua, termasuk insiden di Tolikara. Indonesia memiliki visi yang kuat dalam mengatasi masalah serupa sebelumnya.
    Pernyataan yang sesuai terkait makna berita tersebut adalah .…
  15. Dalam insiden yang terjadi di Cimareme, Kepolisian sudah menetapkan dua tersangka yang diduga sebagai provokator saat kejadian pada hari peringatan 17 Agustus tersebut. Insiden ini telah menewaskan 1 orang dan melukai 11 orang lainnya.
    Istilah yang digunakan dalam teks di atas sama artinya, kecuali .…
  16. Pak Basuki, camat setempat, menilai bahwa kebakaran pabrik karpet di daerahnya akibat kelalaian pekerja pabrik tersebut.
    Kata yang menunjukkan verba mental dalam teks di atas adalah ….
  17. Perhatikan teks berita berikut!
    Indonesia bersama dengan negara Asia Tenggara lainnya dapat memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja PBB terkait penjagaan keamanan internasional.
    Ungkapan yang dicetak miring yang digunakan dalam teks berita tersebut mengandung makna.
  18. Peristiwa yang melibatkan orang-orang terkenal atau ternama merupakan berita yang menarik. Hal ini berarti ciri berita menonjolkan….
Jawaban:
  1. Menggunakan kalimat efektif
  2. Hanya ada calon tunggal dalam pilkada serentak.
  3. Ajakan
  4. Bupati sudah memerintahkan stafnya untuk bertindak.
  5. Aktual
  6. Calon yang dikendalikan pihak lain
  7. Kalimat 3
  8. Asma Nadia saat ini tengah menulis buku baru.
  9. Pesan singkat yang diterima pukul 16.22 WIB menyebutkan bahwa Tim SAR berhasil menemukan pendaki muda yang tersesat di Gunung Lawu
  10. Kepercayaan diri
  11. Musim kemarau yang cukup panjang terjadi di tahun ini.
  12. siapa-di mana-apa-kapan-mengapa
  13. Olimpiade Sains sangat berguna untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa
  14. Indonesia berpengalaman dalam mengatasi konflik di daerah.
  15. Orang yang melakukan propaganda
  16. Menilai
  17. Turut andil bagian
  18. Nama
admin

admin

Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan, Sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan.