Akuntansi

Latihan Soal (Esai) Akuntansi Keuangan Menengah

By Juli 29, 2020 No Comments
Soal (Essay/Uraian) Bab Akuntansi Keuangan Menengah
  1. Apa yang dimaksud dengan aktiva tetap berwujud?
  2. Bagaimana perlakuan atas bunga selama masa konstruksi (selama masa pelaksanaan)
  3. Masalah apa yang timbul dalam menghitung harga perolehan aktiva tetap dan bagaimana pemecahannya untuk setiap cara perolehan :
    a. Dibeli tunai
    b. Diterima sebagai hadiah
    c. Ditukar dengan saham sendiri
    d. Dibangun sendiri
    e. Ditukar dengan aktiva lama
    f. Dibeli secara angsuran
  4. Tuliskan elemen-elemen yang membentuk harga perolehan aktiva tetap
    a. Tanah
    b. Gedung
    c. Kendaraan
    d. Mesin produksi
  5. Jelaskan perbedaan pengeluaran pendapatan dan modal. Buat contoh masing-masing dan jurnalnya !
Jawaban:
  1. Aktiva -aktiva yang berwujud yang sifatnya relatif permanaen yang digunakan dalam kegiatan normal perusahaan dan dipakai dalam jangka waktu lebih dari satu tahun akuntansi.
  2. Perlakuan atas bunga selama masa konstruksi (selama masa pelaksanaan) adalah bunga pinjaman itu dikapitalisasi ke dalam harga perolehan aktiva tetap dalam hal ini berupa gedung dan bunga yang dibayarkan pada saat gedung selesai dibangun dapat dibebankan sebagai biaya pada saat terjadinya.
  3. a. Dibeli tunai
    Aktiva yang dibeli secara tunai dicatat sebesar uang yang dikeluarkan (harga vaktur), untuk pembelian itu ditambah dengan biaya-biaya lain sehubungan dengan pembelian aktiva itu (premi asuransi pengangkutan, ongkos angkutan, biaya masuk, biaya pendapatan)
    b. Diterima sebagai hadiah
    Aktiva yang diterima sebagai hadiah harus dicatat sebesar pasar yang wajar atau berdasarkan penilaianya yang dilakukan oleh pihak perusahaan penilai independen.
    c. Ditukarkan dengan saham sendiri
    Aktiva tetap itu harus dicatat sebagai harga perolehan saham pada saat pembelian. Nilai saham dicatat seharga nilai pasar. Jika harga pasar lebih besar dari harga dari selisihnya dicatat sebagai premium (agio saham) dan jika harga pasar lebih kecil dari harga sesungguhnya dicatat sebagai disagio saham.
    d. Dibangun sendiri
    Semua biaya yang langsung (biaya variabel yaitu bahan dan upah langsung dan overhead) digunakan untuk pembangunan harus dikapitalisasikan sesuai PAI (pasal 4.2.2) yang mengatakan “hanya perolehan aktiva tetap yang dibangun sendiri meliputi, seluruh biaya yang terjadi berkenaan dengan pembangunan aktiva tersebut hingga siap diperguanakan.
    e. Ditukar dengan aktiva lama
    Bila menyangkut pertukaran dengan aktiva yang tidak sejenis, perbedaan antara nilai bukan aktiva tetap yang diserahkan dengan nilai wajar yang digunakan sebagai dasar penyusutan aktiva yang diperoleh pada tanggal transaksi terjadi harus diakui sebagai laba atau rugi.
    f. Dibeli secara angsuran
    Cara perolehan aktiva tetap dengan angsuran dilakukan dengan kredit jangka panjang. Sisa utang itu biasanya dibuktikan melalui surat berharga, bukti hutang hipotik, dan lain-lain. Utang ini dibayarkan dalam beberapa hal: angsuran ditambah dengan biaya bunga.
  4. a. Tanah
    Harga perolehan tanah terdiri dari berbagai elemen seperti; harga beli, komisi pembelian, bea balik nama, biaya penelitian tanah, iuran-iuran (pajak-pajak) selama tanah belum dipakai, biaya merobohkan bangunan lama, biaya perataan tanah, pajak-pajak yang jadi beban pembeli tanah pada waktu pembelian tanah.
    b. Gedung
    Biaya yang dikapitalisasi sebagai harga perolehan gedung adalah; harga beli, biaya perbaikkan sebelum gedung itu dipakai, komisi pembelian, bea balik nama, pajak-pajak yang menjadi tanggungan pembeli pada waktu pembelian. Apabila gedung itu dibuat sendiri maka harga perolehan gedung terdiri dari; biaya-biaya pembuatan gedung, biaya perencanaan, biaya pengurusan izin bangunan, pajak-pajak selama masa pembangunan gedung, bunga selam pembuatan gedung, asuransi selama masa pembangunan.
    c. Kendaraan
    Yang termasuk harga perolehan kendaraan adalah harga faktur, bea balik nama dan biaya angkut. Pajak-pajak yang dibayar setiap periode seperti pajak kendaraan bermotor, jasa raharja, dan lain-lain dibebankan sebagai biaya pada periode yang bersangkutan. Harga perolehan kendaraan ini didepresiasi selama masa kegunaannya.
    d. Mesin produksi
    Yang merupakan harga perolehan mesin dan alat-alat adalah; harga beli, pajak pajak yang menjadi beban pembeli, biaya angkut, asuransi dalam perjalanan, biaya pemasangan, biaya-biaya yang dikeluarkan selama masa percobaan mesin. Apabila mesin itu dibuat sendiri maka harga perolehannya terdiri dari semua biaya yang dikeluarkan untuk membuat mesin. Mesin yang disewa dari pihak lain, biaya sewanya tidak dikapitalisasi tetapi dibebankan sebagai biaya pada periode terjadinya.
  5. Pengeluaran pendapatan (revenue expenditure), adalah pengeluaran-pengeluaran untuk memperoleh suatu manfaat yang hanya dirasakan dalam periode akuntansi yang bersangkutan. Oleh karena itu pengeluaran-pengeluaran seperti ini dicatat dalam rekening biaya
    Pengeluaran modal (capital expenditure), adalah pengeluaran-pengeluaran untuk memperoleh suatu manfaat yang akan dirasakan lebih dari satu periode akuntansi. Pengeluaran-pengeluaran seperti ini dicatat dalam rekening aktiva (dikapitalisasi).
admin

admin

Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan, Sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan.