Wow Wi-Fi 6 Lebih Cepat, Ini Penjelasan Lebih Lengkapnya

TEKNOMUDA.COM – Jika Wi-Fi Anda saat ini tidak cukup kuat untuk mendukung jumlah perangkat Anda yang terus bertambah, Anda mungkin mencari solusi yang lebih baik. Anda mungkin sering mengalami kesalahan koneksi, situasi lambat, dan kesulitan teknis lainnya. Wi-Fi 6 dapat memberikan koneksi yang lebih cepat dan lebih andal.

Kami akan berbicara lebih banyak tentang standar generasi berikutnya dalam teknologi Wi-Fi ini, memberi tahu Anda apa yang ditawarkannya, dan memberi Anda tip untuk mengidentifikasi perangkat yang kompatibel dengan Wi-Fi 6.

Label Dawn of Wi-Fi selama beberapa generasi

Wi-Fi Alliance adalah organisasi yang bertanggung jawab untuk mendefinisikan, mengembangkan, dan menetapkan standar Wi-Fi. Dengan meningkatnya kompleksitas perangkat dan perkembangan komunikasi Internet, proses menghubungkan komunikasi nirkabel juga berubah. Ini berarti bahwa standar Wi-Fi – spesifikasi teknis yang digunakan produsen untuk membuat Wi-Fi – perlu diperbarui secara berkala agar teknologi baru dapat berkembang dan semuanya tetap kompatibel. Sejauh ini bagus.

Tetapi penamaan standar Wi-Fi yang memalukan telah menjadi gangguan nyata bagi kebanyakan orang yang akhirnya mencoba mencari tahu apa arti huruf kecil itu. Wi-Fi Alliance memahami hal ini, itulah sebabnya mereka mengumumkan cara baru untuk menamai standar Wi-Fi dengan mengacu pada nomor generasi. Ini akan berlaku untuk Wi-Fi 6/6E terbaru dan berlaku surut, dengan menerapkan standar lama. Sebagai contoh:

  • 11n (2009) = Wi-Fi 4
  • 11ac (2014) = Wi-Fi 5
  • 11ax (Dirilis Baru) = Wi-Fi 6/6E
TRENDING:  Review Sony A7C : Impian Para Fotografer Yang Suka Jalan - Jalan

Lebih mudah, bukan? Ini akan menyebabkan periode kebingungan karena beberapa produk diberi label dengan kode lama, dan beberapa disebut Wi-Fi 4 atau Wi-Fi 5 hanya jika artinya sama. Ini perlu diselesaikan tepat waktu karena pelabelan produk lama dihapus dan semua orang terbiasa dengan nama baru yang akrab saat melakukan penelitian.

Apa yang Dibawa oleh Standar Wi-Fi 6/6EE

Sekarang setelah kami membahas masalah penamaan, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang dibawa oleh Wi-Fi 6/6E. Mengapa pembaruan lain diperlukan? Ada banyak teknologi Wi-Fi baru yang sedang naik daun, dan Wi-Fi 6 membantu menstandarkannya. Berikut adalah bagian-bagian baru yang penting dan apa artinya bagi jaringan nirkabel Anda.

Yang pertama adalah waktu respons yang lebih rendah. Latensi rendah berarti ada lebih banyak atau lebih sedikit waktu tunda saat mengirim data (seperti kecepatan ping dan pengukuran lainnya). Semua orang menginginkan koneksi berlatensi rendah karena mereka meningkatkan waktu muat dan membantu menghindari koneksi terputus dan masalah lainnya. Wi-Fi 6 mengurangi latensi dibandingkan dengan standar Wi-Fi yang lebih lama, menggunakan teknologi yang lebih canggih seperti OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access). Pada dasarnya, lebih baik untuk mengisi data dalam sinyal.

Tentu saja, Wi-Fi 6 juga akan lebih cepat. Dengan mendukung penuh teknologi seperti MU-MIMO, kualitas koneksi akan sangat ditingkatkan untuk perangkat seluler yang kompatibel, yang juga akan mempercepat pengiriman konten. Bahkan jika Anda tidak meningkatkan kecepatan internet Anda,

TRENDING:  Samsung Galaxy Z Flip3 Spesifikasi, Harga Dan Penampakannya

peningkatan tersebut dapat meningkatkan kecepatan data Wi-Fi Anda, sehingga Anda mendapatkan lebih banyak informasi lebih cepat. Seberapa cepat? Digital Trends menguji laptop dan router Wi-Fi 6 pada akhir Desember 2019 dan menemukan peningkatan kecepatan lebih dari 60%.

Percaya atau tidak, Wi-Fi 6E menjanjikan lebih cepat dari Wi-Fi 6! Sementara perangkat Wi-Fi 6 memanfaatkan pita radio 6GHz baru, perangkat 6E menawarkan “14 saluran 80MHz tambahan dan [tujuh] saluran 160MHz tambahan,” menurut Wi-Fi Alliance. Yang lebih mengesankan, saluran ini dirancang untuk tidak tumpang tindih untuk mengurangi latensi dan meningkatkan masalah kemacetan saat menggunakan perangkat di beberapa jaringan.

Ini juga berarti lebih sedikit zona mati, berkat beberapa kemampuan pembentukan balok yang diperluas. Beamforming adalah trik yang digunakan router Anda untuk memfokuskan sinyal pada perangkat tertentu, terutama jika perangkat tersebut tampaknya mengalami masalah saat menyambungkan. Standar baru memperluas jangkauan beamforming dan meningkatkan kemampuannya, membuat zona mati di rumah Anda lebih kecil kemungkinannya.

Akhirnya, Wi-Fi 6 berarti masa pakai baterai yang lebih baik. Ada istilah yang disebut “TWT” atau Target Wake Time, yang merupakan teknologi baru yang diadopsi oleh Wi-Fi 6. Ini membantu perangkat yang terhubung mengalokasikan kapan dan bagaimana mereka “bangun” untuk menerima sinyal data Wi-Fi. Sangat mudah bagi perangkat untuk “tidur” sambil menunggu transmisi Wi-Fi berikutnya yang diperlukan (ini tidak berarti perangkat Anda mati, hanya bagian yang digunakan untuk Wi-Fi). Pada gilirannya, ini dapat menghemat sedikit masa pakai baterai untuk perangkat, membuat semua orang senang.

TRENDING:  Performanya Luar Biasa, Dell Rilis PC Gaming Baru Alienware

Perhatikan label Wi-Fi 6/6E

Jadi bagaimana Anda tahu jika router, telepon, atau perangkat lain Anda bekerja dengan standar 802.11ax yang baru? Pertama, cari tulisan “Wi-Fi 6/6E” pada kemasan, iklan, poster, dll. Namun, Aliansi Wi-Fi juga menyarankan agar token digunakan untuk menunjukkan generasi Wi-Fi. Ikon-ikon ini terlihat seperti sinyal Wi-Fi dengan angka yang dilingkari di dalam sinyal. Perhatikan juga ikon-ikon ini saat memilih perangkat yang tepat.

Membeli Wi-Fi 6 / 6E

Wi-Fi Alliance meluncurkan program sertifikasi Wi-Fi 6E pada 7 Januari, sebelum CES 2021 dan bertepatan dengan rilis resmi Wi-Fi 6/6E. CES 2021 memperkenalkan beberapa router Wi-Fi 6/6E dan router mesh yang hebat dari berbagai produsen terkenal termasuk Netgear, TP-Link, Arris dan Linksys, serta Adaptor USB D-Link untuk menambahkan Wi-Fi 6 langsung ke PC ponsel Anda. Jika Anda pergi berbelanja untuk router baru, Anda harus melihat panduan kami untuk router Wi-Fi 6 terbaik.

Perangkat seluler yang saat ini kompatibel dengan Wi-Fi 6 termasuk produk seperti iPhone 12, Samsung Galaxy S10, dan OnePlus 8.

Laptop berkemampuan Wi-Fi 6 termasuk Dell XPS 13, Microsoft Surface Laptop Go, dan Asus Chromebook Flip c436.