Mana Yang Lebih Baik Google Documents vs. Microsoft Word Online

TEKNOMUDA.COM – Google Documents akan bersaing dengan Microsoft Word, terutama dengan langganan Microsoft 365. Google Documents benar-benar merupakan program pengolah kata berbasis web, sementara Microsoft menawarkan versi web dari aplikasi Word asli di Windows dan Mac. Dalam banyak hal, Google Documents dan Microsoft Word Online bersaing ketat untuk fitur dasar dan banyak opsi.

Kami akan membandingkan Google Documents dengan Microsoft Word online dan menyimpulkan mana yang lebih baik untuk penggunaan dan preferensi Anda.

Ketersediaan platform umum

Baik Google Docs dan Microsoft Word Online berbasis web, yang berarti mereka tersedia di setiap platform di luar sana.

Namun, kami akan memberi Microsoft sedikit keunggulan di sini karena Microsoft Word juga tersedia sebagai aplikasi asli untuk Windows dan Mac. Tetapi Anda memerlukan langganan Microsoft 365 untuk menggunakannya.

antarmuka pengguna

Kami merasa bahwa Microsoft Word Online dan Google Documents terlihat ketinggalan zaman dibandingkan dengan pesaing dan alat modern di luar sana.

Berbicara tentang perbedaan antara keduanya, kami menyukai bagaimana Google Documents menawarkan ikon yang lebih baik dan tampilan putih/abu-abu yang sederhana daripada tema biru Microsoft Word.

Semua opsi terkait ada di bagian atas dan kedua program mendukung lusinan pintasan keyboard untuk menavigasi antara menu dan opsi.

Pada saat penulisan, Microsoft sedang mengerjakan desain ulang Word online, dan akan segera merilisnya. Sampai saat itu, Anda harus bertahan dengan tampilan yang ketinggalan jaman.

fitur

Google Documents dan Word online dikemas dengan fitur dan fungsionalitas untuk menyelesaikan pekerjaan. Keduanya membawa semua opsi pengeditan kata standar yang dapat Anda harapkan dari pengolah kata. Bagaimana mereka berbeda? Kami memiliki beberapa catatan.

TRENDING:  Waze vs. Google Maps: Mana yang Tepat untuk Anda?

Microsoft Word menawarkan add-in berguna yang disebut Editor, yang membantu menyusun dan mengoptimalkan konten Anda untuk memenuhi standar SEO. Ini pada dasarnya adalah versi perbaikan dari pemeriksa tata bahasa bawaan Word.

Dibandingkan dengan Grammarly, Word Editor merekomendasikan koreksi, peningkatan, wawasan, peningkatan, dan skor keseluruhan editor untuk mendefinisikan ulang konten.

Google Documents tidak menawarkan bagian khusus untuk memeriksa semua saran di satu tempat. Anda akan melihat saran saat mengetik. Namun, Google Documents menyediakan kemampuan untuk menambahkan daftar isi.

Word online melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menampilkan daftar isi daripada Google Documents. Coba tambahkan daftar isi di keduanya dan Anda akan langsung melihat perbedaannya.

Kami merasa aneh dan membatasi bahwa Word online tidak memungkinkan Anda untuk mengatur font default. Dengan Google Documents, font default untuk teks dan judul dapat dengan mudah diubah.

Google memberdayakan Google Documents dengan fitur manajemen proyek baru dan menjaganya tetap sejalan dengan alat produktivitas standar modern seperti Notion dan Milanote.

Pemeriksa Tata Bahasa dan Tambahan

Seperti disebutkan di atas, Microsoft dengan mudah mengungguli Google Documents dengan pemeriksa tata bahasa dan ejaan tingkat lanjut dengan editor (walaupun beberapa fungsi berada di belakang langganan Microsoft 365) namun, Anda selalu dapat memasang pengaya pemeriksa tata bahasa tingkat lanjut seperti Grammarly di Word dan Google Documents.

TRENDING:  Nyesel Sudah Upgrade iOS 15 Beta, Ini Caranya Downgrade Kembali

Microsoft Word Online dan Google Docs menyediakan toko tambahan yang didedikasikan untuk mengunduh widget untuk penyelesaian kata tanpa meninggalkan antarmuka yang ada.

Google Documents menawarkan pengalaman pengaya yang lebih baik dengan Google Workspace Marketplace. Pengaya memiliki lebih banyak tangkapan layar dan bagian tinjauan khusus untuk detail sebelum pemasangan.

kinerja

Biasanya, kita seharusnya tidak membahas bagian kinerja dari program pengolah kata. Namun, kami menemukan perbedaan mencolok antara Word online dan Google Documents.

Google Documents terasa cepat, mulus, dan memberikan pengalaman penulisan, pembukaan dokumen, dan pengeditan yang sempurna. Dibandingkan dengan itu, Word online terasa lambat, terkadang membutuhkan waktu lebih lama untuk membuka dokumen yang berat di koneksi internet yang sama.

Simpan, ekspor, dan bagikan

Seperti yang diharapkan, Word online menggunakan OneDrive, dan Google Documents memilih Google Drive untuk menyimpan dokumen. Namun, Google tidak akan menghitung Dokumen terhadap penyimpanan dasar, sementara Microsoft menghitungnya di bawah penyimpanan gratis 5GB.

Keduanya mendukung opsi ekspor standar, seperti teks, pdf, EPUB, halaman web, dan file Word. Menggunakan Template Blogger Blogger di Microsoft Word, seseorang dapat mengunggah dokumen dan mempublikasikannya langsung di platform WordPress.

Berbicara tentang template, Google Documents dan Word online keduanya membawa ratusan template untuk Anda mulai. Web juga diisi dengan template Word pihak ketiga dan Google Documents untuk menyelesaikan pekerjaan.

TRENDING:  Download Dan Gunakan Software iTunes Untuk Windows

Keterlibatan adalah tempat Google Documents menang dengan nyaman. Google memiliki lebih dari 3 miliar pengguna Workspace. Jadi, Anda dapat bertaruh bahwa orang yang Anda bagikan file tersebut sudah memiliki akun Google dan ID Gmail yang valid.

Google Documents membuat kolaborasi dan berbagi lebih mudah bagi pengguna. Anda dapat berbagi dokumen dengan berbagai opsi berbagi, menambahkan komentar, dan mengedit file secara bersamaan. Implementasinya tepat, yang merupakan salah satu alasan meningkatnya popularitas Google Productivity Suite di sektor pendidikan dan bisnis kecil.

Microsoft baru-baru ini mengubah antarmuka berbagi di aplikasi Office. Tapi itu tidak mendekati Google Documents dalam hal implementasi secara keseluruhan.

harga

Google Documents sepenuhnya gratis untuk digunakan. tidak ada ikatan. Semua fitur gratis, dan dokumen yang disimpan ke Google Drive tidak akan diperhitungkan dalam penyimpanan internal 15 GB.

Microsoft Word Online gratis untuk digunakan. Namun, Anda harus membayar langganan Microsoft 365 untuk menggunakan aplikasi asli dan membuka kunci penyimpanan OneDrive sebesar 1 TB. Anda juga mendapatkan alat editor canggih dengan langganan premium.

Draf dokumen Anda berikutnya

Perbedaan antara Google Documents dan Word online terlihat jelas di sini. Google Documents menang dalam hal keterlibatan, harga, kemudahan penggunaan, dan dukungan untuk add-on. Word kembali online dengan alat editor bawaan, template yang lebih baik, dan dukungan aplikasi untuk Windows dan Mac jika Anda ingin menikmati semua manfaat dari aplikasi asli.