Nyesel Sudah Upgrade iOS 15 Beta, Ini Caranya Downgrade Kembali

TEKNOMUDA.COM – Jika Anda menginstal iOS 15 beta publik dengan sangat antusias dan sekarang menyesalinya, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada cara untuk kembali ke stabilitas iOS 14. Itu mungkin, tetapi kabar buruknya adalah kecuali Anda mengarsipkan cadangan iOS 14 sebelum memutakhirkan Anda mungkin harus menghapus iPhone Anda sepenuhnya dan memulai dari awal.

Kami menguraikan cara menurunkan versi dari iOS 15 ke iOS 14 di sini.

Catatan tentang cadangan yang diarsipkan

Sebelum kita mulai, perlu dicatat bahwa meskipun Anda dapat menurunkan versi ke iOS 14 lagi, Anda tidak dapat memulihkan dari cadangan iOS 15. Ini berarti bahwa jika Anda telah mencadangkan iPhone Anda sejak memutakhirkan ke iOS beta 15, Anda tidak akan dapat untuk menggunakan cadangan ini jika Anda memilih untuk menurunkan versi. Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah menggunakan cadangan yang diarsipkan.

Cadangan yang diarsipkan disimpan secara terpisah dari cadangan standar yang terus-menerus diganti di Mac atau PC Anda. Jika Anda mengarsipkan cadangan iOS 14 sebelum memutakhirkan, Anda beruntung – Anda akan dapat mengakses semua teks, aplikasi, dan data lain yang telah ditingkatkan sebelumnya. Namun, jika tidak, Anda mungkin harus menghapus ponsel dan memulai dari awal.

TRENDING:  Sejumlah Pengguna iPhone Alami Bug Usai Update ke iOS 15, Duh!

Terlepas dari apakah Anda memiliki cadangan yang diarsipkan atau tidak, menurunkan versi dan memulihkan dari cadangan berarti kehilangan semua teks, aplikasi, dan data lain di ponsel dari waktu Anda dengan iOS 15. Hanya peringatan.

Cara menempatkan iPhone Anda dalam mode pemulihan

Seperti yang Anda duga, Apple tidak memudahkan untuk menurunkan versi ke versi iOS yang lebih lama. Ini tidak seperti Windows di mana Anda dapat membatalkan pembaruan jika Anda tidak menyukainya!

Untuk kembali ke iOS 14, Anda harus terlebih dahulu memasukkan iPhone ke mode pemulihan. Berhati-hatilah: ini adalah point of no return – jika Anda ingin mentransfer data apa pun dari waktu Anda dengan iOS 15, lakukan sebelum mengikuti langkah-langkah ini.

  • iPhone 8 atau lebih baru

Tekan tombol Volume Naik, lalu tombol Volume Turun, secara berurutan, lalu tekan dan tahan tombol Daya hingga Anda mencapai layar Mode Pemulihan.

Catatan: Ini juga cara untuk menempatkan iPad Anda tanpa tombol beranda ke mode pemulihan.

  • iPhone 7

Tekan dan tahan tombol Volume Turun dan Daya hingga Anda mencapai layar Mode Pemulihan.

  • iPhone 6s atau versi sebelumnya

Tekan dan tahan tombol Rumah dan tombol Daya hingga Anda mencapai layar Mode Pemulihan.

TRENDING:  Ini Yang Dibutuhkan Windows 11 Agar Aplikasi Android Tidak Gagal Di PC

Catatan: Ini juga cara memasukkan iPad Anda dengan tombol beranda ke mode pemulihan.

Cara menurunkan versi ke versi iOS yang lebih lama

Sekarang iPhone Anda dalam mode pemulihan, langkah selanjutnya adalah menginstal ulang iOS 14 di perangkat Anda. Perlu dicatat bahwa proses ini hanya berfungsi dengan versi iOS yang tersedia saat ini – jika Anda berharap untuk menurunkan versi ke iOS 14.1, misalnya, itu tidak mungkin. Apple berhenti menandatangani versi iOS sebelumnya dalam beberapa hari setelah meluncurkan pembaruan baru, mencegah siapa pun menurunkan versi ke versi iOS yang tersedia untuk umum.

Untungnya, iOS 14 terbaru persis seperti yang kami inginkan saat menurunkan versi ke iOS 15, jadi ikuti langkah-langkah ini untuk menginstalnya kembali:

  1. Hubungkan iPhone Anda ke PC atau Mac menggunakan kabel Lightning yang disertakan.
  2. Di PC atau Mac pra-Catalina, buka iTunes. Jika Anda menggunakan macOS Catalina atau Big Sur, buka Finder dan klik iPhone di bar samping.
  3. Anda akan melihat pop-up yang memberi tahu Anda bahwa ada masalah dengan iPhone Anda, dan itu perlu diperbarui atau dipulihkan. Klik Pulihkan dan setujui Syarat dan Ketentuan Apple.
TRENDING:  Rekomendasi Aplikasi Jodoh Terbaik Di Sekitar Kamu

Proses ini seharusnya tidak lebih dari 15 menit rata-rata – jika lebih lama dari itu, atau jika iPhone Anda telah reboot ke iOS 15, putuskan sambungan iPhone Anda dan masukkan kembali ke mode pemulihan sebelum memulai proses lagi. Perlu juga dicatat bahwa Anda memerlukan koneksi internet aktif untuk menginstal ulang iOS 14.

Cara memulihkan cadangan iOS yang diarsipkan

Setelah Anda memulihkan iPhone Anda, itu akan memiliki salinan bersih iOS 14. Untuk memulihkan teks, aplikasi, dan data lain di telepon, Anda harus memulihkan dari cadangan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda tidak dapat memulihkan dari cadangan iOS 15 sehingga Anda harus menggunakan cadangan yang diarsipkan (jika ada) atau mengaturnya sebagai iPhone baru. Jika Anda memiliki cadangan iOS yang diarsipkan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di iTunes (atau Finder di Catalina & Big Sur) pilih Pulihkan dari cadangan ini.
  2. Pilih cadangan iOS 14 yang diarsipkan yang Anda buat sebelum memutakhirkan, dan masukkan kata sandi jika perlu.

Setelah selesai, iPhone Anda akan kembali ke tempatnya sebelum Anda meningkatkan ke iOS 15. Anda tidak akan menginstal beta awal lagi dalam waktu dekat, bukan?

Originally posted 2021-07-03 15:08:58.